POGI Panggil Dokter Joget di Tiktok, Viral Dianggap 'Nyinyirin' Pasien Aborsi

ADVERTISEMENT

POGI Panggil Dokter Joget di Tiktok, Viral Dianggap 'Nyinyirin' Pasien Aborsi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sabtu, 05 Feb 2022 11:14 WIB
Jakarta -

Viral potongan video seorang wanita yang mengaku dokter obgyn di media sosial TikTok, tengah mengomentari keluhan pasien yang ingin aborsi atau menggugurkan kandungan. Sang pasien disebut tak lagi memiliki alasan untuk mempertahankan bayinya.

Video tersebut heboh jadi sorotan netizen lantaran banyak dari mereka menganggap sang dokter menghina keluhan pasien dan dinilai meremehkan kondisi pasien tersebut.

"Dih julid banget jadi dokter," timpal salah seorang netizen.

"Dokternya praktek di mana? Mau gue tandain buat nggak ke dokter judgement, trauma yang ada," komentar yang lain.

Sekjen Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dr Budi Wiweko, SpOG(K)-FER, MPH belum bisa berkomentar banyak terkait video viral tersebut. Ia mengaku baru mendapat laporan dan langsung menelusuri video yang dimaksud.

Adapun yang bersangkutan dipastikan akan mendapat teguran terkait dengan etika bermedia sosial seorang dokter. Belum diketahui pasti peringatan apa yang bakal diberikan.

"Kami akan tegur," beber dr Budi kepada detikcom, Sabtu (5/2/2022).

dr Budi memastikan sebenarnya sudah ada etika bermedia sosial yang dikeluarkan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Ikatan Dokter Indonesia, di April 2021 lalu. Karenanya, pelanggaran etika bermedia sosial bisa dikenakan sanksi atau proses lanjutan sesuai dengan fatwa MKEK.

"Kita akan panggil dulu yang bersangkutan," lanjutnya, menekankan panggilan tersebut untuk dimintai klarifikasi terlebih dulu.

(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT