Mungkinkah RI Hidup Berdampingan dengan COVID-19? Ini Kata Pakar

ADVERTISEMENT

Mungkinkah RI Hidup Berdampingan dengan COVID-19? Ini Kata Pakar

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Minggu, 06 Feb 2022 12:30 WIB
Jakarta berlakukan PPKM level 2 sebagai upaya cegah varian Omicron. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat beraktivitas di tengah pemberlakuan PPKM ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sudah lebih dari dua tahun sejak COVID-19, penyakit yang menyebabkan pandemi, menyerang dunia. Prediksi tentang kapan pandemi berakhir juga sudah sering dibahas oleh para pakar.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi, Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI), Masdalina Pane menilai skenario yang paling mungkin terjadi adalah hidup berdampingan dengan COVID-19.

"Oh iya, itu sudah pasti. Kita sudah 2 tahun bersama COVID-19 dan kita naik-turun berlayar di atas gelombang," katanya dalam program e-Life detikcom, Jumat (4/2/2022).

Menurut Pane, hidup berdampingan dengan COVID-19 berarti masyarakat perlu bersiap akan adanya pembatasan-pembatasan ketika terjadi kenaikan kasus. Bersiap tinggal sementara di rumah saat muncul penyebaran yang tinggi.

"Baiknya, masyarakat sudah mulai tahu harus melakukan apa," beber Pane.

Transisi dan adaptasi untuk hidup bersama COVID-19 juga telah dipersiapkan. Juga, tidak ada pilihan lain selain disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai salah satu kebiasaan baru.



Simak Video "Alasan Indonesia Belum Akhiri Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT