Selasa, 08 Feb 2022 16:52 WIB

Atiqah Hasiholan 3 Kali Tes COVID-19 Hasilnya Beda Semua, Inikah Sebabnya?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Atiqah Hasiholan saat berkunjung ke kantor detikcom. Atiqah Hasiholan (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Jakarta -

Aktris Atiqah Hasiholan mengabarkan dirinya sempat menjalani 3 kali tes COVID-19 dalam sehari. Ia mengaku dari ketiga tes tersebut, semuanya menunjukkan hasil yang berbeda, yaitu satu positif dan dua negatif COVID-19.

Hal ini diketahui dari pernyataan Atiqa pada postingan Instagram Storynya.

"Dalam 1 hari : PCR pertama - positif, swab antigen - negatif, PCR kedua -negatif," tulis Atiqah, dikutip Selasa (8/2/2022).

"Note : Dari 3 hari sebelumnya setiap hari, 1 kali sehari swab antigen - negatif," lanjutnya.

Meskipun sempat mendapat hasil positif COVID-19, Atiqah mengaku tak mengalami gejala COVID-19. Hanya saja ia melakukan tes tersebut lantaran sempat berpapasan dengan rekan kerjanya yang positif COVID-19.

"Btw yes gak ada gejala, cuma karena lagi intense ada kerjaan dan salah satu teman ada yang positif, jadi untuk saling ngejaga intense ngecek," jelas Atiqah.

Selain itu, Atiqah juga meminta keluarganya untuk menjalani tes swab usai ia dinyatakan positif COVID-19. Beruntung, semua hasil tes keluarganya menunjukkan negatif COVID-19.

"And yes lagi...setelah hasil PCR pertama positif langsung PCR sekeluarga dan hasilnya semua negatif, Alhamdulillah," pungkasnya.

Berkaca dari kejadian tersebut, ahli biologi molekuler, Ahmad Rusdan Utomo, mengungkapkan bahwa kejadian ini bisa jadi disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti teknik pengambilan tes COVID-19 hingga nilai CT Value yang digunakan berbeda-beda pada tiap laboratorium (lab).

"Tergantung banyak hal, dinamika jumlah partikel virus atau materi genetik virus, teknik pengambilan, dan cut off Ct value yang digunakan lab," ucapnya saat dihubungi oleh detikcom, Selasa (8/2/2022).

Adakah kaitannya dengan lonjakan pengguna tes COVID-19? Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2