ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Feb 2022 17:52 WIB

Batas Usia Vaksin COVID-19 dan Booster Itu Berapa Sih? Ini Jawabannya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sejumlah warga mengantre untuk melakukan vaksinasi booster di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (5/2/2022). Vaksinasi Massal yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi ini dilakukan dari hari Senin sampai Sabtu dengan dimulai sejak pukul 08.00 WIB sampai selesai. Batas usia vaksin COVID-19 (Foto: Fakhri Fadlurrohman)
Jakarta -

Batas usia vaksin COVID-19 itu berapa sih? Pertanyaan ini kerap dicari oleh masyarakat lantaran ingin mendapatkan vaksin COVID-19 segera. Mengingat belakangan ini kasus COVID-19 varian Omicron tengah naik terus di Indonesia. Bahkan, virus Corona yang satu ini diklaim lebih cepat penyebarannya dibandingkan varian lainnya, seperti Delta.

Sebagaimana diketahui, vaksinasi merupakan salah satu cara untuk memutuskan penularan virus Corona. Vaksin juga bisa mengurangi tingkat keparahan dari gejala COVID-19, termasuk varian Omicron.

Lantas, berapa batas usia vaksin COVID-19, baik untuk anak-anak maupun dewasa? Berikut ini jawabannya.

Batas Usia Vaksin COVID-19 untuk Anak-anak

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Selasa (8/2/2022), vaksin COVID-19 untuk anak diberikan pada usia 6-11 tahun dengan jumlah sasaran vaksin mencapai 26,5 anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

"Kami harapkan hari Selasa (14/12) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak usia 6 sampai 11 tahun yang totalnya berdasarkan data itu ada 26,8 juta," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Dr dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, dalam sosialisasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun secara virtual, Minggu (12/12).

Pelaksanaan vaksinasi anak ini disesuaikan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melaksanakan vaksinasi pada anak di usia 6 sampai 11 tahun. Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

"Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan COVID-19," ucap dr Maxi.

Adapun vaksin yang digunakan untuk sementara ini adalah jenis Sinovac dan sudah memiliki izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

Batas Usia Vaksin COVID-19 untuk Orang Dewasa

Sedangkan untuk dewasa, batas usia vaksin COVID-19 minimal 18-60 tahun ke atas. Jenis vaksin COVID-19 yang diberikan bisa beragam, tergantung dari stok yang tersedia di masing-masing daerah.

Kelompok ibu hamil dan menyusui juga bisa mendapatkan vaksin COVID-19 dengan syarat membawa surat keterangan dari dokter. Begitu juga dengan pengidap penyakit komorbid, tetap bisa divaksinasi asalkan kondisinya terkontrol dan ada rekomendasi dari dokter yang menangani.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT