ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Feb 2022 18:47 WIB

Waspada Pengunjung yang Suka Ngakalin PeduliLindungi, Ini Wanti-wanti Satgas

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta -

Di tengah lonjakan kasus COVID-19, berbagai daerah kembali memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Salah satu aturan yang diterapkan dan menjadi sorotan adalah kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi suntuk melakukan aktivitas di fasilitas publik.

Dalam aplikasi PeduliLindungi seseorang dapat mengetahui status risikonya. Aplikasi juga dapat menghitung berapa banyak orang yang ada di satu tempat, sehingga dapat diketahui apakah pengunjung sudah memenuhi kapasitas.

Karena itu juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengingatkan agar aplikasi benar-benar dimanfaatkan. Ia mengimbau agar pihak pengelola fasilitas publik mewaspadai pengunjung yang suka mengakali aplikasi.

Sebagai contoh mungkin ada orang yang hanya menunjukkan tangkapan layar saja, tidak benar-benar login ke aplikasi, atau mungkin meminjam akun milik orang lain.

"Pelaku usaha dan pemilik fasilitas publik wajib memastikan digunakannya PeduliLindungi dengan baik dan benar. Harap betul-betul discan dan teliti jangan sampai seseorang menggunakan tangkapan layar atau screenshot, apalagi menggunakan akun orang lain," kata Wiku dalam konferensi pers daring, Selasa (8/2/2022).

"Hal ini penting karena hanya dengan PeduliLindungi status positif dan kontak erat dapat teridentifikasi. Sehingga masuknya orang positif, apalagi di tempat keramaian, dapat dihindari," pungkasnya.

(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT