Haru, Bayi 6 Bulan Ini Sukses Jalani 2 Kali Operasi Jantung

ADVERTISEMENT

Haru, Bayi 6 Bulan Ini Sukses Jalani 2 Kali Operasi Jantung

Ayunda Septiani - detikHealth
Rabu, 09 Feb 2022 20:15 WIB
Ilustrasi kaus kaki bayi
Foto: Getty Images/iStockphoto/KulikovaN
Jakarta -

Seorang anak laki-laki berusia enam bulan menjalani operasi jantung keduanya, dan saat ini telah kembali pulih. Bayi tersebut bernama Lincoln Edwards, terlahir dengan kondisi bawaan yang mengharuskannya untuk melakukan pembedahan jantung agar aliran darahnya meningkat.

Dikutip dari laman BBC, pada bulan lalu ia juga menjalani operasi jantung selama sembilan jam dan operasi tersebut dinyatakan berhasil.

Operasi Lincoln dilakukan oleh dr Ramana Dhannapuneni di rumah sakit Alder Hey Children's Hospital, Liverpool.

Perjalanan untuk penyembuhan Lincoln ini membuat kedua orang tuanya tergerak untuk membantu menyelamatkan anak-anak lain yang memiliki kasus yang sama dengan putranya.

Kedua orang tua Lincoln mengumpulkan sejumlah uang melalui lembaga amal yang disebut 'Healing Little Hearts', bekerja sama dengan dr Dhannapuneni.

Didirikan pada tahun 2007, Healing Little Hearts telah melakukan lebih dari 2.200 operasi di 14 negara di seluruh Afrika dan Asia yang pengobatan biasanya tidak tersedia atau mahal. Dokter yang tergabung dalam acara amal tersebut juga bekerja dengan bebas, sesuai dengan waktu mereka sendiri.

Salah satu konsultan hubungan dari keluarga Lincoln menyebutkan, bahwa mendanai dan tergabung dalam badan amal itu merupakan cara yang tepat untuk berterima kasih.

"Kami ingin memberi anak-anak itu kesempatan yang sama, yang dimiliki Lincoln," katanya.

dr Dhannapuneni sendiri baru saja kembali dari perjalanan ke Namibia usai mengoperasi 10 anak dan bayi.

Dia mengatakan di banyak negara para orang tua berjuang menemukan tempat yang mempu merawat anak mereka. Healing Little Hearts dalam hal ini berusaha membimbing dan melatih staf medis untuk dapat melakukan prosedur jantung sendiri.

"Itu adalah efek besar dari misi kami. Ada cerita bagus tentang pusat jantung anak-anak yang didirikan dari awal," ujar dr Dhannapuneni.



Simak Video "Kiat Menjaga Jantung Tetap Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT