Kamis, 10 Feb 2022 15:49 WIB

Plis! Jangan Terlena karena Sudah Vaksin, PPNI Catat 135 Nakes Terpapar COVID-19

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
young Asian doctor, dressed in anti-virus clothing, sits on the floor tired and uses a smartphone to make a video call to his family. corona virus concept. Jangan terlena karena sudah vaksin, PPNI catat 135 nakes terinfeksi COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/12521104)
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Indonesia kembali melonjak tinggi. Banyak tenaga kesehatan yang juga ikut terpapar. Saat ini dilaporkan ada 135 perawat dalam kondisi terinfeksi COVID-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri.

Ketua DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhilah berpesan kepada pemerintah untuk mempersiapkan tindakan antisipasi akibat lonjakan kasus. Seperti diketahui, Indonesia sempat mengalami lonjakan COVID-19 tinggi, hingga membuat para tenaga kesehatan kelelahan, bahkan beberapa di antaranya meninggal dunia.

"Untuk pemerintah, agar meningkatkan kesiapan antisipasi lonjakan yang sangat tinggi terutama kekurangan nakes dan kelelahan," ungkap Harif kepada detikcom, Kamis (10/2/2022).

Selain pesan untuk pemerintah, tak lupa Haris juga memberi pesan kepada masyarakat untuk tidak lalai dalam menjaga protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran kasus COVID-19. Baik protokol kesehatan di lingkup keluarga, tempat kerja, aktivitas sehari-hari, maupun tempat umum.

"Dan jangan terlena karena sudah divaksin," tutup Harif.

Selaras dengan kekhawatiran Harif, Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia Prof Zubairi Djoerban juga meminta masyarakat tak meremehkan bahaya COVID-19. Pasalnya jika banyak nakes yang terpapar, penanganan pasien COVID-19 di rumah sakit bakal sulit dan ikut terganggu karena keterbatasan tenaga medis.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)