ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Feb 2022 22:50 WIB

Asam Lambung alias GERD Lagi Kumat, Harus Gimana? Ini Saran Profesor

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. GERD alias asam lambung (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) merupakan kondisi yang terjadi saat asam lambung naik kembali ke saluran yang menghubungkan antara mulut dan perut yaitu kerongkongan atau esofagus. GERD ditandai dengan sensasi nyeri dan juga rasa terbakar (heartburn) pada dada dan mulut terasa pahit.

Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, dokter spesialis gastroenterologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo (FKUI RSCM) menjelaskan bahwa GERD atau asam lambung bisa disembuhkan apabila pasien melakukan perubahan gaya hidup dan menghindari faktor risiko GERD.

"Beberapa faktor risiko yang memang dapat meningkatkan risiko terjadinya GERD adalah obesitas, hernia hiatal, kehamilan, pengosongan lambung yang terlambat dan skleroderma," kata dr Ari dalam virtual media briefing, Kamis (10/2/2022).

"Kekambuhan dari GERD juga dapat dipicu oleh beberapa aktivitas seperti merokok, mengkonsumsi makanan dalam porsi besar sekaligus, makan di waktu yang terlalu larut, mengkonsumsi makanan yang berlemak atau digoreng, mengkonsumsi minuman atau makanan berkafein, serta mengkonsumsi obat tertentu seperti aspirin," sambungnya.

Lebih lanjut, dr Ari menjelaskan tindakan pertolongan pertama pada pasien GERD atau asam lambung apabila gangguannya sedang kambuh.

1. Tetap tenang

Tetap tenang memungkinkan pasien tidak berisiko jatuh atau mengalami kecelakaan lain saat menahan perasaan tidak sakit dan tidak nyaman. Pasien bisa duduk atau memilih posisi lain yang memudahkannya tetap rileks dan tenang, diikuti dengan menarik napas.

2. Minum air hangat

Mengonsumsi air sebaiknya tidak bersuhu terlalu panas atau dingin. Air bersuhu hangat bisa membantu menimbulkan rasa nyaman di perut saat GERD kambuh.

3. Minum air gula

Air gula bermanfaat untuk penyakit GERD atau asam lambung karena dapat membantu dalam mengatasi kondisi naiknya asam lambung tersebut, sehingga tidak menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya lagi. Caranya cukup meminum larutan air gula jawa atau air gula aren yang memiliki kandungan riboflavin.

Bagaimana pengobatannya? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Amankah Pengidap Asam Lambung Jalankan Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT