ADVERTISEMENT

Sabtu, 12 Feb 2022 19:30 WIB

Rider MotoGP Kegerahan di Mandalika, Ini 6 Tips Turunkan Suhu Tubuh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu kecepatan sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022).  Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/YU Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU
Jakarta -

Para pembalap MotoGP menjalani tes di Sirkuit Mandalika pada hari kedua, Sabtu (12/2/2022). Sejumlah pembalap mulai merasa kegerahan karena cuaca yang panas saat menjalani tes MotoGP Mandalika 2022 itu.

Akibatnya, para pembalap mulai merasa kepanasan. Salah satunya adalah Fabio Quartararo. Dalam Instagram Story miliknya, ia mengunggah sebuah foto yang menampilkan dirinya membuka resleting pakaian balapnya.

"Terasa seperti 200 derajat," tulis Quartararo yang dilihat detikcom, Sabtu (12/2/2022).

Pembalap lainnya yaitu Pramac Jorge Martin dan Aleix Espargaro juga menunjukkan seberapa gerahnya cuaca di Lombok saat tes tersebut.

Martin mengunggah foto dirinya yang sedang berada di depan kipas angin. Sementara Aleix terlihat sedang berendam di bak kecil untuk menjaga suhu tubuhnya dari cuaca panas di Sirkuit Mandalika.

Suhu tubuh manusia bisa bereaksi terhadap perubahan eksternal dan internal. Itu bisa meningkat setelah melakukan aktivitas fisik atau jika cuaca di hari itu panas, seperti yang dialami pembalap MotoGP.

Berikut 6 tips untuk menurunkan suhu tubuh yang dikutip dari Medical News Today yang bisa dicoba:

Mengkonsumsi Minuman Dingin

Mengkonsumsi minuman dingin, seperti air dingin bisa membantu menurunkan suhu tubuh dengan mendinginkan tubuh secara internal. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang akan semakin meningkatkan panas tubuh.

Pergi ke Tempat yang Udaranya Lebih Sejuk

Cara lainnya bisa dengan berpindah ke tempat yang udaranya lebih sejuk. Dengan cara itu, suhu panas di tubuh akan berkurang.

Berendam di Air yang Dingin

Untuk menurunkan suhu tubuh juga bisa dengan berendam, mandi, atau mengusap air dingin ke tubuh. Itu dapat membuat tubuh terasa lebih sejuk.

Mengompres Air Dingin ke Area Tubuh Tertentu

Bisa juga dengan mengompres beberapa area tubuh tertentu dengan air dingin. Misalnya di bagian pergelangan tangan, leher, dada, dan pelipis untuk bisa menurunkan suhu tubuh dengan cepat.

Jangan Terlalu Banyak Bergerak

Saat bergerak atau beraktivitas tubuh akan melepas panas, terlebih di cuaca yang panas juga. Untuk itu, disarankan untuk membatasi gerakan agar suhu tubuh tidak terlalu panas.

Gunakan Pakaian yang Lebih Ringan

Disarankan untuk menggunakan pakaian dengan jenis kain yang lebih menyerap keringat. Beberapa jenis kain itu seperti katun dan linen. Itu memungkinkan suhu panas keluar lebih mudah keluar dari tubuh.



Simak Video "Tanggapan Satgas Soal Tagihan PCR Rp 6 Juta di Sirkuit Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT