Minggu, 13 Feb 2022 09:00 WIB

Konsultasi Kesehatan

Pernah Keguguran Tanpa Kuret, Masih Bisa Hamil Lagi Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Gynecologist showing patient ultrasound of fetus on tablet. Diagnosis and management of pregnancy concept Pernah keguguran tanpa kuret, bisakah hamil lagi? (Foto: Getty Images/iStockphoto/megaflopp)
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya usia 26 tahun, habis keguguran tanpa kuret. Apakah masih bisa hamil?

Wulan (Perempuan, 26 tahun)

Jawaban:

Keguguran itu banyak faktor penyebabnya, yang kita cegah adalah keguguran berulangnya jangan sampai terjadi. Jadi harus kita ketahui penyebabnya Wulan keguguran berapa minggu dan penyebabnya apa? Apa karena infeksi toxo (toxoplasma) atau yang lain.

Keguguran tanpa kuret sebaiknya diperiksa ke dokter kandungan untuk memastikan apakah masih ada sisa kehamilan atau tidak. Kalau memang sudah bersih dan tidak ada sisa kehamilan, tentu untuk kehamilan betikutnya tidak ada masalah.

Sekali lagi adalah yang kita cegah jangan sampai keguguran berulang.

Terima kasih.

dr Rudi Simanjuntak, SpOG
Morula IVF Tangerang

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Lihat juga Video: Menyoal Faktor Keberhasilan Hamil Lewat Egg Freezing

[Gambas:Video 20detik]



(fds/up)