Identik dengan Hari Valentine 2022, Ini Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

ADVERTISEMENT

Identik dengan Hari Valentine 2022, Ini Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Senin, 14 Feb 2022 14:15 WIB
Cokelat valentine
Hari Valentine 2022, manfaat cokelat untuk kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta -

Hari Valentine 2022 diperingati pada tanggal 14 Februari 2022 alias hari ini. Biasanya, setiap Hari Valentine, orang-orang akan memberikan hadiah berupa kartu ucapan, bunga, hingga cokelat kepada orang yang disayangi.

Berbicara tentang cokelat, ternyata makanan ini memiliki sejumlah manfaat loh. Selain bisa meningkatkan mood, cokelat juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Meskipun demikian, sebaiknya mengkonsumsi jenis cokelat hitam atau dark chocolate lantaran persentase kandungan kakaonya lebih tinggi daripada cokelat biasa. Akan lebih sehat lagi jika dimakan secukupnya saja, seperti satu atau dua potong sehari dan tak berlebihan.

Hari Valentine 2022: Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan

Lantas, apa sih manfaat cokelat hitam (dark chocolate) untuk kesehatan? Dikutip dari Realbuzz, Senin (14/2/2022), simak informasi berikut:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Cokelat tak selalu menjadi penyebab naiknya berat badan. Menurut ahli saraf, Will Clower, dalam bukunya yang berjudul Eat CHocolate, Lose Weight, megkonsumsi sepotong dark chocolate atau cokelat hitam 20 menit sebelum dan 5 menit setelah makan dapat mengurangi nafsu makan hingga 50 persen.

Menurut Clower, hal ini karena cokelat dapat memicu hormon yang memberi tahu otak "Saya kenyang". Nah, manfaat ini hanya berlaku untuk dark chocolate atau cokelat hitam yang kaya akan kandungan kakao ya.

2. Memberi Kekuatan pada Otak

Kandungan flavanol pada cokelat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Menurut sebuah laporan penelitian, cokelat hitam (dark chocolate) merupakan salah satu makanan otak yang sangat baik, sehingga para peneliti pun mengujinya pada pasien yang mengidap alzheimer (demensia).

Hasilnya, sifat flavanol yang tinggi di dalam cokelat hitam (dark chocolate) mampu meningkatkan fungsi dentate gyrus (DG) dalam otak.

Meskipun begitu, kandungan flavanol tak dapat mencegah penyakit alzheimer sepenuhnya.

3. Membuat Kulit Lebih Cantik

Kandungan flavonoid di dalam cokelat hitam dapat berperan sebagai filter sinar UV yang berbahaya dan bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, cokelat hitam juga membantu menjaga kulit tetap muda, segar, dan bebas kerutan akibat stres.

4. Obat Manjur dari Alam

Cokelat hitam yang mengandung flavanol di dalamnya berpotensi untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan aliran darah.

Bahkan, kandungan tersebut dipercaya dapat merangsang endotel (lapisan arteri) untuk memproduksi oksida nitrat yang berguna menurunkan tekanan darah.

5. Meningkatan Energi

Selain antioksidan, cokelat hitam juga mengandung kafein sebanyak 43 mg per 100 g. Sebuah studi dari Universitas Kingston London menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat bermanfaat bagi para atlet untuk meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen keseluruh otot, sehingga membuat mereka lebih aktif dan bertenaga.

Selamat Hari Valentine 2022!



Simak Video "Enam Anak di Inggris Meninggal Dunia Akibat Infeksi Bakteri Strep A"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT