Selasa, 15 Feb 2022 17:00 WIB

Sejumlah Pasien Omicron Alami Gejala Nyeri di Kaki, Ternyata Ini Penyebabnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Penyebab pasien COVID-19 varian Omicron mengalami gejala nyeri pada kaki dan bahu. Foto: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG
Jakarta -

Gejala infeksi varian Omicron diketahui mirip dengan flu biasa, di antaranya berupa batuk kering, hidung meler dan tersumbat, sakit kepala, serta sakit tenggorokan. Namun di samping itu, ada juga pasien COVID-19 varian Omicron yang mengeluhkan nyeri pada kaki. Apa hubungannya?

Hal tersebut sebelumnya dilaporkan oleh aplikasi ZOE COVID Study Inggris. Disebutkan, sejumlah pasien varian Omicron mengalami nyeri otot, banyak kasus di bagian kaki dan bahu.

Dikutip dari Mint, para ahli menjelaskan nyeri otot atau myalgia adalah salah satu gejala paling umum pada pasien dengan infeksi virus, apa pun jenis virusnya, termasuk virus Corona varian Omicron.

Pada kasus infeksi varian Omicron, myalgia bisa disebabkan mediator inflamasi atau karena varian tersebut memengaruhi sistem muskuloskeletal lebih dari varian lainnya. Ketika virus menyerang sistem muskuloskeletal, pasien menderita sakit parah pada persendian, tulang, dan ligamen.

Selain nyeri pada otot, ZOE COVID Study juga menyebut sejumlah pasien Omicron mengeluhkan gejala seperti masalah gastrointestinal seperti diare dan sakit perut.

Di samping itu, peneliti meyakini gejala yang timbul pada gelombang Omicron kini relatif lebih ringan dibandingkan gejala pada gelombang Delta tahun lalu. Pasalnya, cakupan vaksinasi COVID-19 di berbagai negara sudah lebih besar dibanding tahun lalu.



Simak Video "Simak Lagi! Ini 4 Derajat Keparahan Gejala Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)