Jumat, 18 Feb 2022 09:05 WIB

Konsultasi Kesehatan

Tenggorokan Tak Nyaman, Daya Tahan Tubuh Turun atau Gejala Virus Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi wanita sakit tenggorokan Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz
Jakarta -

Pertanyaan:

Awalnya tanggal 12 tenggorokan saya tidak nyaman, rasanya ingin buang dahak terus. Saya kira karena salah makan (alergi atau karena makan yang berminyak), tapi besoknya tanggal 13 kurang enak badan, agak meriang, dan sore-malamnya demam ditambah sedikit pusing. Paginya tanggal 14 yang tenggorokan gatal dan demam sudah mulai berkurang tapi batuk-batuk dan malamnya pilek.

Apakah karena memang daya tahan tubuh saya yang menurun? Karena minggu lalu saya mengalami muntaber dan kurang enak badan juga, ditambah dengan cuaca yang berganti-ganti. Atau apakah menurut dokter bisa termasuk gejala infeksi virus?

Apa yang sebaiknya saya lakukan? Apabila ingin melakukan tes ke puskesmas sebaiknya setelah keadaan saya membaik atau bagaimana?

Terima kasih.

Nuri Syifa (Wanita)

Jawaban

Menjaga daya tahan tubuh memang penting saat kondisi seperti ini ya, makan makanan sehat juga berpengaruh dalam membentuk imunitas tubuh.

Untuk gejala virus sangat berbeda-beda ada demam, batuk, pilek, bahkan diare tapi memang harus di periksakan secara langsung.

Jangan menunda pemeriksaan ya boleh ke puskesmas terdekat dan infokan gejala yang dirasakan.

dr Prabawa Yogaswara
Dokter Umum RS Brawijaya Depok

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)