ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Feb 2022 16:31 WIB

Apa Itu Melanoma? Penyakit yang Disebut Bikin Indra Kenz ke Turki

Firdaus Anwar - detikHealth
Mobil mewah Indra Kenz Indra Kenz. (Foto: Instagram @indrakenz)
Jakarta -

Sosok Indra Kesuma atau Indra Kenz belakangan ini jadi perhatian karena tersandung masalah investasi bodong aplikasi Binomo. Indra Kenz belum memenuhi panggilan pemeriksaan Bareskrim Polri karena sedang melakukan perjalanan ke Turki untuk alasan kesehatan.

Dalam unggahan di Instagram Stories, Indra Kenz menunjukkan kuku jempolnya yang tampak memiliki garis hitam. Ada kekhawatiran itu adalah tanda-tanda dari penyakit melanoma.

"Rumah sakit Jakarta tiga sudah kita datangin, ini semoga ada hasil," kata Indra Kenz lewat unggahan video Instagram Stories akunnya dan dikutip pada Jumat (18/2/2022).

Apa Itu Melanoma?

Dikutip dari Mayo Clinic, melanoma adalah jenis kanker kulit yang ganas. Kanker ini muncul di sel kulit melanonit yang menghasilkan pigmen pemberi warna kulit (melanin).

Penyebab melanoma tidak diketahui pasti, namun sebagian ahli menduga paparan radiasi ultraviolet (UV) yang berlebihan bisa meningkatkan risikonya.

Melanoma dapat muncul di seluruh permukaan kulit tubuh. Tanda-tandanya adalah kemunculan tahi lalat yang tidak biasa mulai dari segi bentuk, warna, dan ukuran.

"Waspadai perubahan dari waktu ke waktu, misalnya tahi lalat jadi semakin besar, berubah warna, atau berubah bentuk. Tahi lalat (melanoma) mungkin bisa juga menunjukkan gejala gatal hingga berdarah," tulis Mayo Clinic.

Pada beberapa kasus memang ada melanoma langka yang dapat timbul di bawah kuku. Kondisi ini disebut acral-lentiginous melanoma.



Simak Video "Alasan Binomo Bukan Instrumen Investasi Menurut Bappebti "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT