ADVERTISEMENT

Sabtu, 19 Feb 2022 08:00 WIB

Ada Keluhan Ini saat Bangun Tidur? Awas Gejala Omicron

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Gejala Omicron atau gejala COVID-19. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG)
Jakarta -

Sejak Indonesia mencatat kasus Omicron, jumlah pasien COVID-19 terus melonjak bahkan belakangan kerap berada di atas 50 ribu per hari. Varian Omicron memang menyebar lebih cepat ketimbang varian lainnya, tetapi gejalanya sulit dibedakan.

Beda dengan Delta, banyak pasien Omicron mengeluhkan gejala COVID-19 menyerupai pilek biasa. Namun, seorang dokter di San Francisco menemukan gejala COVID-19 aneh pada pasien Omicron.

Adalah gejala COVID-19 saat bangun tidur yang dialami seorang pasien pria, yakni dirinya sering merasa cemas. Pasien Omicron ini sebelumnya sudah menerima tiga dosis vaksin COVID-19 jenis Moderna.

"Dia seharusnya baik-baik saja, tetapi penyakit dan kecemasan yang disebabkan [Omicron] menyedihkan," tulis Bob Wachter, ketua departemen kedokteran di University of California, San Francisco, dalam utas Twitter, menceritakan kondisi klinis pasien Omicron.

Rasa cemas ini diikuti dengan gejala COVID-19 lainnya seperti flu, sakit tenggorokan, batuk kering, nyeri otot. Pasien Omicron berusia 28 tahun itu kerap bangun tidur dengan 'perasaan yang tidak enak' dan sering merasa kedinginan.

Keluhannya serupa dengan apa yang dilaporkan studi ZOE COVID Symptoms. Studi yang mencatat semua keluhan pasien COVID-19.

Sebagai perbandingan dengan infeksi COVID-19 Delta, ini sejumlah gejala yang paling banyak dikeluhkan pasien Omicron.

  • Pilek
  • Sakit kepala
  • Kelelahan (baik ringan atau berat)
  • Bersin
  • Sakit tenggorokan.

Simak Video 'Simak Lagi! Ini 4 Derajat Keparahan Gejala Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT