ADVERTISEMENT

Senin, 21 Feb 2022 11:00 WIB

Viral Foto Indra Kenz EKG Masih Pakai Topi-Earphone, Memangnya Boleh?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Siapa Itu Indra Kenz? Crazy Rich Terlapor Kasus Binomo Foto Indra Kenz tengah menjalani EKG memakai topi dan kacamata viral. (Foto: Foto: Instagram)
Jakarta -

Indra Kenz belakangan menjadi sorotan usai tersandung dugaan penipuan terkait aplikasi Binomo. Dirinya sempat mangkir dari panggilan polisi lantaran harus berobat ke Turki.

Dalam Instastory Indra Kenz, pria yang kerap dijuluki Crazy Rich Medan terlihat tengah menjalani prosedur EKG, atau elektrokardiografi. Namun, ada beberapa netizen yang meragukan keasliannya.

"Topi, earphone dan kacamata masih dipakai," beber salah satu akun gosip yang membagikan tangkapan layar Instastory Indra Kenz, hingga viral di media sosial.

"Aku pernah EKG sampai jangan tangan saja sama segala perhiasan disuruh dicopot," komentar salah satu netizen.

Sebenarnya apa sih EKG itu?

Elektrokardiogram (EKG) adalah proses pemeriksaan untuk mengukur hingga merekam aktivitas listrik jantung. EKG ini dilakukan untuk memeriksa kondisi jantung ataupun efektivitas dari pengobatan penyakit jantung, menggunakan mesin pendeteksi impuls listrik jantung yang juga disebut elektrokardiograf.

Pasien yang memakai alat ini, akan terpantau kondisi dan aktivitas listrik jantung-nya, bisa dilihat dalam bentuk grafik di layar monitor.

Benarkah semua aksesoris yang dipakai harus dilepas?

Menurut dokter spesialis jantung dari Siloam Hospital, dr Vito A Damay, SpJP(K), dalam pemeriksaan EKG memang harus melepas semua aksesoris yang dipakai, khususnya benda berbahan metal. Bukan tanpa alasan, pelepasan aksesoris ini menghindari interaksi dengan kabel-kabel dan aktivitas listrik yang direkam oleh alat EKG.

"Topi dan kacamata masih bisa, tapi biasanya jam atau gelang dari metal dilepas. Earphone juga dilepas ya biasanya," jawab dr Vito saat dimintai tanggapan soal viral proses EKG Indra Kenz, Senin (21/2/2022).

"Selama pemeriksaan EKG maka sebaiknya setiap aksesoris metal atau alat elektronik disingkirkan agar mendapatkan pemeriksaan aktivitas listrik jantung yang akurat," pungkas dr Vito.



Simak Video "Kasus Indra Kenz Terkait Investasi Bodong Binomo Naik ke Penyidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT