ADVERTISEMENT

Senin, 21 Feb 2022 17:12 WIB

Penting! Cara Mendapatkan Obat COVID dari Kemenkes Agar Cepat Sembuh

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Pekerja menunjukkan paket obat COVID-19 di salah satu gerai ekspedisi SiCepat pengiriman barang gerai di Jalan K.S Tubun, Petamburan, Jakarta, Sabtu (17/7/2021). Pemerintah pusat resmi membagikan sebanyak 300.000 paket obat gratis berupa multivitamin, Azithtromycin, dan Oseltamivir bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. ANTARA FOTO/ Reno Esnir/aww. *** Local Caption *** Cara mendapatkan obat COVID dari Kemenkes, cara cepat sembuh dari COVID (Foto: ANTARA/RENO ESNIR)
Jakarta -

Cara mendapatkan obat COVID dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan RI) penting diketahui masyarakat. Pasalnya, hal ini berguna untuk membantu para pasien yang terkonfirmasi positif dalam menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah agar cepat sembuh dari COVID.

Adapun cara mendapatkan obat COVID dari Kemenkes ini melalui layanan telemedicine yang telah disediakan. Bahkan, pasien juga bisa mendapatkan layanan konsultasi daring dengan dokter melalui 17 platform yang bekerjasama dengan Kemenkes.

Nah, perlu dicatat juga, informasi ini hanya berlaku untuk pasien yang memiliki gejala ringan atau tanpa gejala. Sedangkan untuk pasien yang memiliki gejala sedang hingga berat wajib dirawat di rumah sakit.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan obat COVID dari Kemenkes? Cek informasi lengkapnya di sini.

Cara Mendapatkan Obat COVID dari Kemenkes

Dikutip dari laman resmi Kemenkes, Senin (21/2/2022), berikut cara mendapatkan obat COVID dari Kemenkes:

  1. Pasien melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.
  2. Jika hasil tesnya positif, laboratorium penyedia layanan tes COVID-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes (NAR) dan pasien akan menerima pesan WhatsApp (WA) dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.
  3. Apabila tidak mendapatkan pemberitahuan melalui pesan WA, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri melalui situs https://isoman.kemkes.go.id.
  4. Setelah mendapatkan pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring atau online dengan dokter di salah satu dari 17 platform layanan telemedicine
  5. Tekan tautan yang ada di pesan WA (WhatsApp) dari Kemenkes atau tautan yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.
  6. Masukan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.
  7. Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep tersebut dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. Catatan! Hanya pasien dengan kategori layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan) yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.
  8. Pasien menunggu kiriman paket obat dan vitamin dari Kemenkes, yang akan dikirimkan melalui ekspedisi SiCepat.

Syarat Isoman untuk Pasien

Selain tahu cara mendapatkan obat COVID dari Kemenkes, ketahui juga syarat pasien yang diperbolehkan menjalani isoman di rumah.

Mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022, berikut syarat yang harus dipatuhi:

Syarat Klinis dan Perilaku

  • Pasien berusia 45 tahun ke bawah
  • Tidak memiliki komorbid
  • Dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya
  • Berkomitmen untuk diisolasi sebelum diizinkan keluar

Syarat Rumah

  • Pasien yang terpapar varian Omicron harus tinggal di kamar terpisah
  • Tersedia kamar mandi terpisah dengan penghuni rumah lainnya
  • Dapat mengakses pulse oksimeter
  • Mempunyai peralatan pendukung

Jika tidak memenuhi syarat, pasien COVID-19 harus:

  • Melakukan isolasi di fasilitas isolasi terpusat. Selama isolasi, pasien harus dalam pengawasan puskesmas atau satgas setempat
  • Isolasi terpusat dilakukan pada fasilitas publik yang dipersiapkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau swasta yang dikoordinasikan oleh puskesmas dan dinas kesehatan

Cara Cepat Sembuh dari COVID-19

Bagi pasien yang menjalani isoman di rumah, ini ada cara cepat sembuh dari COVID-19 yang perlu diketahui. Dikutip dari HarperCollins, Senin (21/2/2022), berikut 4 caranya:

1. Pemilihan makanan itu penting

Cara cepat sembuh dari COVID-19 yang pertama adalah pemilihan makanan. Ketika dinyatakan positif COVID-19, termasuk Omicron, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan gizi. Hindari makanan yang berminyak hingga mengandung lemak trans.

2. Tidur yang cukup

Bagi pasien positif COVID-19, termasuk Omicron penting sekali untuk beristirahat yang cukup. Pasalnya, tidur memainkan peran penting dalam respon imun tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur tak hanya kurang mampu melawan infeksi setelah terpapar virus, tetapi juga akan lama pulih dari virus tersebut.

Kurang tidur menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit protein yang dibutuhkan untuk melawan infeksi dan mengurangi aktivitas sel pembunuh alami (NK) dalam tubuh.

Sebagai informasi, Sel natural killer (NK) merupakan limfosit bawaan yang bertindak sebagai pertahanan pertama melawan sel tumor dan infeksi virus. Apabila seseorang kurang tidur saat terinfeksi, ini dapat mempengaruhi kinerja sel tersebut.

3. Manajemen stres

Cara cepat sembuh dari COVID-19 yang berikutnya adalah mengatur pikiran agar tidak stres. Pasalnya, stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang, bikin susah tidur, hingga masalah kesehatan lainnya.

Cobalah melakukan mediasi untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh saat menjalani isoman di rumah.

4. Mengkonsumsi vitamin dan Obat

Mengkonsumsi vitamin C dan D juga penting sebagai cara cepat sembuh dari COVID-19. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter saat menjalani isolasi mandiri di rumah, seperti antivirus dan lainnya.

Apabila sudah merasa enakan, dianjurkan untuk melakukan tes COVID-19 kembali. Hal ini untuk memastikan apakah virus Corona sudah hilang atau masih ada di dalam tubuh.



Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT