Senin, 21 Feb 2022 18:47 WIB

Jessica Iskandar Terpapar COVID-19 Saat Hamil, Dokter Sebut Risikonya Besar

Hartaty Varadifa - detikHealth
Jessica Iskandar Foto: dok instagram inijedar
Jakarta -

Artis Jessica Iskandar dan sang buah hati, El Barack Alexander, terinfeksi COVID-19 dan saat ini keduanya sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Jessica sendiri sedang mengandung anak keduanya.

Kondisi jessica sempat dibagikan oleh suaminya, Vincent Verhaag, melalui Instagram pribadinya. Terlihat sang istri dan anak sambungnya itu sedang terbaring lemas di rumah sakit.

"Get well soon Sayangku & Jagoanku! @inijedar," tulisnya melalui akun @v.andrianto, dikutip Senin (21/2/2022).

Vincent pun menguatkan istri dan putranya serta memberikan perhatian dengan menanyakan kebutuhan yang diperlukan Jessica.

"Mommy you need anything else? Aku nggak bisa lama-lama di dalam," tanyanya yang kemudian dijawab dengan gelengan oleh Jedar.

Terpapar COVID-19 dalam keadaan hamil bisa beresiko seperti yang dialami Jessica Iskandar. Maka para ibu yang sedang hamil harus tetap waspada sebab ibu hamil bahkan bisa mengalami gejala yang berat.

Hal ini dikarenakan kondisi ibu hamil relatif rentan mengalami gejala berat COVID-19. Seperti yang disebutkan oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Eka Hospital Cibubur, dr Alexander Mukti, SpOG, gejala ibu hamil bahkan bisa lebih berisiko dari yang sedang tidak hamil.

"Ibu hamil tidak terindikasi lebih berisiko terinfeksi COVID-19. Tapi penelitian menunjukkan jika ibu hamil terkena COVID-19, maka gejalanya akan lebih berat dibandingkan perempuan yang tidak hamil," kata dokter yang akrab disapa Alex ini kepada HaiBunda, baru-baru ini.

"Risiko paparannya sama, gejalanya lebih berat di ibu hamil karena memang imunitasnya relatif lebih rentan. Kalau gejalanya lebih berat yang ditakutkan itu lahir prematur," sambungnya.

Namun, tidak semua ibu hamil yang terpapar COVID-19 akan mengalami gejala berat. Selain itu virus COVID-19 juga tidak akan tertular ke janin. Simak penjelasan selanjutnya pada halaman berikut.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN BERIKUTNYA



Simak Video "Ibu Hamil Jangan Ragu untuk Vaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)