ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Feb 2022 13:00 WIB

HR Soeharto, Dokter Pribadi Bung Karno yang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Dr dr Soeharto diusulkan menjadi calon pahlawan nasional Foto: Tangkapan layar Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional DR. dr. H R SOEHARTO
Jakarta -

Mayor Jenderal Kehormatan Dr dr H R Soeharto diusulkan menjadi pahlawan nasional. Usulan ini berdasarkan jasa dan pengabdiannya di banyak sektor, terutama kedokteran.

Sebelum meninggal di 20 November 2000 silam, Dr Soeharto yang juga menjadi dokter pribadi presiden pertama RI yakni Ir Soekarno, mendirikan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). PKBI adalah cikal bakal lahirnya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di seluruh Indonesia.

Ia ingin membangun fondasi masyarakat yang kuat bermula dari lingkup keluarga. Dr Soeharto kerap memberikan nasehat terkait perkawinan, khususnya kepada pasangan muda.

"Dr Soeharto adalah peletak fondasi pembangunan satu bangsa yang bertumpu pada keluarga terutama keluarga yang direncanakan, keluarga yang berkualitas, sehat secara fisik mental dan spiritual serta memiliki harapan masa depan yang lebih baik," cerita Ketua PKBI dr Ichsan Malik, MSi dalam agenda daring Selasa (22/2/2022).

Sosok dr HR Soeharto di mata IDI

Jasa Dr Soeharto juga dikisahkan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih. Sejarah munculnya IDI disebut Daeng kental dengan pengabdian Dr Soeharto.

Semasa hidup, rapat pembahasan terkait perkumpulan dokter Indonesia kerap dilakukan di rumah Dr Soeharto. Asal usul 'ikatan' dalam penamaan organisasi IDI juga berawal dari gagasan Dr Soeharto, hingga akhirnya kini IDI berkembang menjadi 434 cabang di 33 provinsi Indonesia.

"Beliau ini sangat berjasa sekali waktu mempertemukan perkumpulan tabib dan perkumpulan dokter Indonesia digabung menjadi satu. Mengadakan muktamar pertama, namanya keren muktamar warga negara dokter Indonesia," beber dia.

"Jadi memang karena waktu itu semangat perjuangan untuk mendorong dokter yang lokal, Indonesia, setara dan memiliki daya saing dengan dokter zaman Belanda waktu itu," terangnya.

Usulan Dr Soeharto menjadi pahlawan nasional didukung banyak pihak termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Diharapkan, usulan ini bisa disetujui pemerintah sesegera mungkin.

Simak juga Video: Momen Jokowi Kukuhkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Usmar Ismail

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT