ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Feb 2022 11:00 WIB

Penting! Ini Cara Agar Cepat Sembuh dari Omicron Menurut Dokter Paru Senior

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Varian Omicron Cara agar cepat sembuh dari Omicron (Foto: Getty Images/iStockphoto/golibtolibov)
Jakarta -

Cara agar cepat sembuh dari Omicron penting diketahui pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Mengingat kasus COVID-19 di Indonesia melonjak tinggi akibat varian Omicron belakangan ini. Berdasarkan data Senin (21/2/2022) tercatat sebanyak 34.418 kasus baru di Indonesia, dan sempat menyentuh angka 64 ribu kasus dalam sehari.

Sebagian besar kasus, COVID-19 varian Omicron memicu gejala ringan atau tanpa bergejala. Bahkan, banyak pasien yang mengalami gejala mirip flu biasa, seperti batuk, pilek, hingga sakit tenggorokan.

Hal ini pun dibenarkan oleh dokter spesialis paru senior dari RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K).

"Memang dikatakan gejala omicron lebih ringan dibandingkan dengan delta. Dan pada kondisi tersebut mirip dengan flu. Jadi gak sama juga dengan flu, tapi mirip. Omicron ada gejala tambahan yang beda dari flu. Kalo flu kan biasanya bersin-bersin, hidung tersumbat, dan kadang meriang sedikit. Kalau omicron ini sakit atau gatal di tenggorokan sampai batuk, batuknya kering, sakit kepala, dan sebagian kecil ada demam. Kemudian yang cukup banyak ada juga hidung tersumbat dan meler. Juga yang dikeluhkan dan tidak nyaman menurut pasien adalah nyeri-nyeri otot, nyeri-nyeri badan, nah ini yang sangat mengganggu. Jadi gejalanya memang variasi dari orang-ke orang," tutur dr Erlina, dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Selasa (22/2/2022).

Meskipun demikian, Omicron tetap tidak boleh disepelekan. Pasalnya, varian ini bisa memicu perburukan gejala bagi sekelompok masyarakat, seperti lansia (lanjut usia), pengidap komorbid, orang yang belum divaksin, dan anak-anak.

Lantas, bagaimana cara agar cepat sembuh dari Omicron?

Dalam kesempatan yang sama, dr Erlina membeberkan cara agar cepat sembuh dari Omicron untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Berikut informasinya.

Cara Agar Cepat Sembuh dari Omicron

1. Istirahat yang cukup

Pasien positif COVID-19, termasuk Omicron disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang berat hingga membuat tubuh kelelahan. Dianjurkan untuk beristirahat yang cukup agar proses penyembuhan berjalan dengan optimal.

"Ya jadi tujuan isolasi mandiri adalah bukan hanya mengurung diri, tetapi sebetulnya untuk istirahat. Tubuh Anda diberikan istirahat karena memang sedang ada virus dan virus itu bisa saja membuat berbagai perubahan-perubahan sistem. Mangkanya Anda bergejala sakit kepala, ,nggak enak badan, demam, dan lain-lain. Itulah gunanya perlu segera istirahat. Jadi jangan isolasi mandiri tapi masih di rumah itu nggak mau diem, melakukan kegiatan yang membuat Anda lelah. Jadi memang waktunya untuk istirahat," ucap dr Erlina.

2. Makan makanan yang bergizi

Cara agar cepat sembuh dari Omicron berikutnya, pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, seperti ikan, sayuran, vitamin, hingga buah-buahan.

"Jadi yang disarankan secara umum saja, makanan itu gizinya seimbang. Artinya, karbohidratnya ada, proteinnya ada yang bisa dari ikan, daging ayam, atau sapi, atau bisa dari telur juga bisa. Pokoknya karbohidrat, protein ataupun lemak, juga vitamin, sayuran, dan buah-buahan," katanya.

3. Olahraga

dr Erlina juga menyarankan pasien COVID-19, termasuk Omicron untuk melakukan kegiatan fisik atau olahraga yang ringan dan bisa ditoleransi oleh tubuh, seperti senam.

"kemudian cukup istirahat dengan gizi yang seimbang dan juga melaksanakan protokol kesehatan, kalau bisa olahraga ringan yang bisa ditoleransi oleh tubuh, jadi jangan olahraga yang berat-berat. Cukup misalnya seperti senam-senam saja tapi rutin," ungkapnya.

4. Berjemur

Apabila memungkinkan, pasien COVID-19 bisa melakukan jemur badan di teras rumah sekitar 10-15 menit dalam rentang waktu jam 09.00-13.00 WIB

"Bila memungkinkan, kalau ada teras di rumah, itu berjemur sekitar 10-15 menit. Ini bisa dilakukan setiap hari dan rentang waktunya cukup panjang antara jam 9-13.00," tutur dr Erlina.



Simak Video "Kemenkes Konfirmasi 2 Pasien Omicron Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Update Korban Tragedi Kanjuruhan
Update Korban Tragedi Kanjuruhan Selengkapnya