Rabu, 23 Feb 2022 15:00 WIB

Yang Pakai Sinovac, Catat Booster Ampuh Lawan Omicron dan Delta

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Kasus aktif Corona DKI Jakarta tembus 86 ribu kasus. Meningkatnya kasus COVID-19 imbas varian Omicron membuat warga di Jakarta ramai-ramai divaksin booster. Yang pakai Sinovac, catat booster ampuh lawan Omicron dan Delta (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Studi yang dilakukan di Brazil dan Universitas Oxford menyebutkan terdapat tiga vaksin yang dinilai cocok sebagai booster vaksin primer Sinovac, lantaran mampu meningkatkan antibodi secara signifikan. Ketiga vaksin tersebut yakni AstraZeneca, Pfizer-BioNTech atau Johnson & Johnson.

Studi tersebut menemukan bahwa penerima vaksin Sinovac mendapat booster lebih baik dengan platform vektor vaksin AstraZeneca dan Johnson & Johnson atau mRNA (vaksin Pfizer). Dengan kombinasi tersebut, diyakini vaksin booster dapat melawan varian Delta serta Omicron yang tengah merebak saat ini.

"Studi ini memberikan pilihan penting bagi pembuat kebijakan di banyak negara di mana vaksin virus tidak aktif telah digunakan," kata pemimpin studi, Andrew Pollard yang juga direktur Oxford Vaccine Group, dikutip dari Reuters, Rabu (23/2/2022).

Dalam penelitian lain yang dilakukan pada Desember lalu ditemukan bahwa, dua dosis vaksin Sinovac diikuti vaksin booster Pfizer-BioNTech menunjukkan adanya penurunan respon imun terhadap varian Omicron dibandingkan strain lain.

Vaksin vektor virus seperti yang dikembangkan oleh AstraZeneca-Oxford dan Johnson & Johnson menggunakan versi yang lebih lemah untuk mengirimkan instruksi genetik. Hal ini bertujuan membuat protein dari virus yang mencari perlindungan.

Sedangkan untuk vaksin mRNA (Pfizer), bekerja dengan mengirimkan transkrip genetik untuk membuat protein virus. Dengan begitu mengajarkan tubuh untuk bertahan melawan infeksi virus.

Lalu bagaimana jika booster dengan Sinovac juga?

Berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan 1.240 relawan dari kota Sao Paulo dan Salvador di Brazil, vaksin booster Sinovac juga bisa meningkatkan antibodi. Tetapi hasilnya lebih baik ketika vaksin ketiga menggunakan vaksin jenis lain.



Simak Video "Vaksin Baru Sinovac Diyakini Akan Bantu Akhiri Puncak Omicron Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)