ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Feb 2022 12:01 WIB

Lanjut Nih? Wamenkes Beri Kode Kemungkinan Vaksin COVID-19 Dosis Keempat

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). RI bakal lanjut vaksin COVID-19 dosis keempat. (Foto ilustrasi: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono Harbuwono tak menampik kemungkinan pemerintah bakal melanjutkan pemberian vaksinasi booster kedua atau vaksin COVID-19 dosis keempat. Vaksinasi COVID-19 dosis keempat ini sudah lebih dulu dilakukan di beberapa negara termasuk Israel dan Italia.

Terkait pelaksanaannya, Dante menilai masih perlu pembahasan lebih lanjut lantaran Indonesia kini fokus merampungkan sasaran vaksinasi COVID-19 primer dan lanjutan booster dosis vaksin COVID-19 ketiga.

"Kalau nanti diperlukan, bukan tidak mungkin kita akan melakukan vaksinasi booster keempat. Tetapi sekarang yang mesti kita kejar adalah equal vaccine," terang Dante dalam agenda daring Radio Kesehatan Rabu (23/2/2022).

"Masih banyak masyarakat kita belum mendapat vaksin COVID-19 dosis satu dan dua, itu yang harus kita kejar dulu untuk masyarakat yg blm mendapatkan vaksinasi primer," sambung Dante.

Juni mendatang, diharapkan sasaran target vaksinasi primer dan booster sudah rampung agar bisa melakukan uji klinik epidemiologi, terkait keperluan vaksinasi booster keempat.

"Tapi bukan sekarang waktunya melakukan booster keempat," bebernya.

Dante mengingatkan, di tengah lonjakan kasus COVID-19, masyarakat wajib menghindari penularan meski sudah divaksinasi COVID-19 lengkap. Ia mengimbau melakukan tes COVID-19 sedini mungkin jika mengeluhkan sejumlah gejala spesifik seperti berikut.

"Gejala klinis demam, sakit tenggorokan, batuk pilek, itu segera lakukan pemeriksaan," pungkas dia.

Simak juga Video: Satgas Covid Ungkap Sekitar 49% Masyarakat RI Belum Vaksin Dosis Kedua

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT