Kamis, 24 Feb 2022 13:28 WIB

4 Pantangan Saat Isoman Biar Cepat Sembuh dari Omicron

Hartaty Varadifa - detikHealth
Aturan Isoman Omicron: Syarat Klinis dan Syarat Rumah Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Ada beberapa hal yang biasanya harus dilakukan bagi pasien yang menjalankan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Seperti mengkonsumsi makanan bergizi, berjemur, berolahraga, dan menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dianjurkan untuk dilakukan agar penyembuhan dari COVID-19 termasuk Omicron berjalan lebih efektif.

Tidak semua pasien yang bisa menjalani isoman, hanya pasien yang bergejala ringan atau tanpa gejala yang diperbolehkan melakukan isoman. Untuk pasien yang bergejala sedang hingga berat harus dirawat di rumah sakit.

"Ya jadi sebetulnya di manajemen klinisnya Kemenkes dan di buku organisasi profesi itu dikatakan bahwa yang perlu perawatan di rumah sakit adalah pasien yang bila dilakukan evaluasi masuk ke kriteria derajat sedang, berat, dan seterusnya ya, itu yang perlu perawatan di rumah sakit. Tetapi kalau tanpa gejala dan ringan-ringan saja dan tidak ada komorbid boleh isolasi mandiri di rumah maupun isolasi terpusat di fasilitas pemerintah," tutur dr Erlina Burhan, SpP(K), dokter spesialis paru senior dari RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Selasa (22/2/2022).

4 pantangan utama yang harus dihindari bagi pasien Omicron isoman:

  • Merokok
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Begadang, diusahakan menjaga tidur 7-8 jam per hari
  • Stres

Beberapa pantangan ini akan berdampak pada isoman sehingga proses penyembuhan menjadi lebih lama. Erlina juga menyebutkan, pasien yang menjalani isoman harus bisa menjadikan masa isoman lebih sehat dan produktif.

"Untuk yang merokok, jangan merokok, jangan konsumsi alkohol. Dan jangan mentang-mentang isolasi mandiri lalu begadang, nonton Netflix atau yang lain-lain. Jadi, tetap waktu tidur 7-8 jam per hari. Dan jangan juga stres, ya ini saya selalu mengatakan jadikanlah isolasi mandiri ini sebagai 'me time' kita. Jadi, apa-apa yang tidak bisa kita lakukan karena sibuk kerja, nah ini punya waktu 10 hari untuk melakukan membaca, menulis puisi, dan lain-lainnya. Pokoknya lakukan hal-hal yang positif dan produktif," lanjutnya.

"Jadi pemikiran yang tidak stres dan happy itu akan juga mungkin bisa mempercepat kesembuhan Anda. Jadi, positif thinking dan happy ya," sambungnya lagi.



Simak Video "Simak! Aturan Isoman Bagi Pasien Covid-19 Bergejala Ringan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)