Kaki Anak Selalu Dingin Tanda Idap Penyakit Jantung? Begini Kata Dokter

ADVERTISEMENT

Kaki Anak Selalu Dingin Tanda Idap Penyakit Jantung? Begini Kata Dokter

Hartaty Varadifa - detikHealth
Kamis, 24 Feb 2022 20:32 WIB
ilustrasi tulang anak
Foto: iStock
Jakarta -

Orang tua kerap khawatir jika anak mengeluh kedinginan meski berada di suhu ruangan normal. Terlebih banyak yang menganggap kaki anak selalu dingin berkaitan dengan masalah jantung. Benarkah demikian?

"Kaki dingin banyak dialami anak-anak, khususnya anak yang tubuhnya terlalu kurus, tidak banyak bergerak, malas berolahraga karena lebih senang main game," terang spesialis jantung dari Heartology dr Dicky Armein Hanafy, SpJP(K), dalam webinar belum lama ini.

Orang tua tak perlu khawatir berlebihan sebab kaki dingin pada anak tidak melulu soal kesehatan jantung. Jika kaki anak dingin namun suhu tubuh masih normal, tandanya belum ada masalah yang serius pada anak.

Memang bisa ada masalah jantung pada anak yang ditandai dengan kaki dan tangan dingin. Namun tentu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan kondisi sang buah hati.

"Kalau ditanya apakah itu tanda adanya kelainan jantung, kemungkinannya sangat amat kecil. Memang ada beberapa kelainan jantung bawaan yang bisa bikin tangan atau kaki dingin. Tapi, ya, harus diperiksa," bebernya.



Simak Video "Waspadai Penyakit Jantung pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT