ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Feb 2022 15:47 WIB

Ini Cara Mengatasi Omicron di Rumah, Perlu Banget Agar Cepat Sembuh

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Cara mengatasi Omicron di rumah (Foto: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG)
Jakarta -

Cara mengatasi Omicron di rumah perlu diterapkan oleh pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Pasalnya, hal ini berguna untuk membantu proses penyembuhan dari COVID-19, termasuk Omicron.

Sebagai informasi, gejala Omicron disebut-sebut lebih ringan daripada varian lainnya, seperti Delta. Adapun gejala yang ditimbulkan dapat berupa batuk-pilek, sakit kepala, nyeri tenggorokan, hingga hidung tersumbat.

Tentu saja untuk meredakan gejalanya perlu bantuan obat dan vitamin agar cepat sembuh. Namun, selain mengkonsumsi kedua hal tersebut, pasien COVID-19, termasuk Omicron yang menjalani isoman di rumah disarankan juga untuk melakukan aktivitas ringan. Lantas, bagaimana cara mengatasi Omicron di rumah?

dr Erlina Burhan, SpP(K), dokter spesialis paru senior dari RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), membeberkan cara mengatasi Omicron di rumah agar cepat sembuh. Berikut informasinya.

Cara Mengatasi Omicron di Rumah: Hal yang Bisa Dilakukan

1. Istirahat yang cukup

Cara mengatasi Omicron di rumah yang pertama adalah istirahat yang cukup dan jangan kelelahan. Pasalnya, hal ini berguna untuk membantu proses penyembuhan agar berjalan dengan efektif.

"Ya jadi tujuan isolasi mandiri adalah bukan hanya mengurung diri, tetapi sebetulnya untuk istirahat. Tubuh Anda diberikan istirahat karena memang sedang ada virus dan virus itu bisa saja membuat berbagai perubahan-perubahan sistem. Mangkanya Anda bergejala sakit kepala, ,nggak enak badan, demam, dan lain-lain. Itulah gunanya perlu segera istirahat. Jadi jangan isolasi mandiri tapi masih di rumah itu nggak mau diem, melakukan kegiatan yang membuat Anda lelah. Jadi memang waktunya untuk istirahat," ucap dr Erlina.

2. Makan makanan yang bergizi

Pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, seperti ikan, sayuran, vitamin, hingga buah-buahan sebagai cara mengatasi Omicron di rumah.

Usahakan untuk menghindari makanan gorengan hingga lemak yang berlebihan ya.

"Jadi yang disarankan secara umum saja, makanan itu gizinya seimbang. Artinya, karbohidratnya ada, proteinnya ada yang bisa dari ikan, daging ayam, atau sapi, atau bisa dari telur juga bisa. Pokoknya karbohidrat, protein ataupun lemak, juga vitamin, sayuran, dan buah-buahan," katanya.

3, Olahraga

cara mengatasi Omicron di rumah berikutnya, yaitu olahraga. dr Erlina menyarankan pasien COVID-19, termasuk Omicron untuk melakukan kegiatan fisik atau olahraga yang ringan dan bisa ditoleransi oleh tubuh, seperti senam.

"kemudian cukup istirahat dengan gizi yang seimbang dan juga melaksanakan protokol kesehatan, kalau bisa olahraga ringan yang bisa ditoleransi oleh tubuh, jadi jangan olahraga yang berat-berat. Cukup misalnya seperti senam-senam saja tapi rutin," ungkapnya.

4. Berjemur

Pasien COVID-19 bisa melakukan jemur badan di teras rumah secara rutin dengan rentang waktu 10-15 menit sebagai cara mengatasi Omicron di rumah.

"Bila memungkinkan, kalau ada teras di rumah, itu berjemur sekitar 10-15 menit. Ini bisa dilakukan setiap hari dan rentang waktunya cukup panjang antara jam 9-13.00," tutur dr Erlina.

Cara Mengatasi Omicron di Rumah: Hal Tak Boleh Dilakukan

Selain itu, dr Erlina juga membeberkan sejumlah hal yang tak boleh dilakukan sebagai cara mengatasi Omicron di rumah. Ia menyarankan agar pasien menghindari hal, seperti:

  • Merokok
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Begadang
  • Stres

"Untuk yang merokok, jangan merokok, jangan konsumsi alkohol. Dan jangan mentang-mentang isolasi mandiri lalu begadang, nonton Netflix atau yang lain-lain. Jadi, tetap waktu tidur 7-8 jam per hari. Dan jangan juga stres, ya ini saya selalu mengatakan jadikanlah isolasi mandiri ini sebagai 'me time' kita," lanjutnya.

"Jadi pemikiran yang tidak stres dan happy itu akan juga mungkin bisa mempercepat kesembuhan Anda. Jadi, positif thinking dan happy ya," sambungnya lagi.



Simak Video "Pfizer Minta Regulator AS untuk Sahkan Vaksin Subvarian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT