Jumat, 25 Feb 2022 20:23 WIB

Kok Nggak Kelar-kelar, COVID-19 Zodiaknya Apa Sih? Ini Pandangan Astrologi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
The womans portrait in the astrological atmosphere, zodiac signs and planets COVID-19 dalam sudut pandang astrologi (Foto: iStock)
Jakarta -

Dari sudut pandang epidemiologi, ada banyak faktor yang membuat pandemi COVID-19 nggak kelar-kelar. Sebut saja mutasi genetik dan efek proteksi vaksin yang ternyata melemah setelah jangka waktu tertentu.

Nah ternyata ada lho, penjelasan lain soal itu, yakni dari sudut pandang astrologi. Yak, kurang lebih berhubungan dengan zodiak!

Sebagaimana diketahui, COVID-19 pertama kali mendapat nama resmi pada 11 Februari 2020. Lazimnya, seseorang yang lahir di tanggal tersebut akan disebut memiliki zodiak Aquarius.

Sementara itu, pandemi COVID-19 secara resmi ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia WHO pada 11 Maret 2020. Zodiak yang berlaku pada tanggal tersebut adalah Pisces. Apakah rasi bintang tersebut ada pengaruhnya pada perjalanan pandemi COVID-19?

Vira M, seorang Traditional Astrologer dan Certified Horary Practitioner menjelaskan bahwa hal-hal dan fenomena yang terjadi di dunia memang berhubungan dengan konstelasi bintang di langit. Bidang astrologi yang secara spesifik menjelaskan hal tersebut adalah Mundane Astrology.

Meski tidak secara khusus mendalami Mundane Astrology, Vira menjelaskan secara sederhana keterkaitan pandemi COVID-19 dengan pergerakan rasi bintang. Menurutnya, masa-masa awal pandemi COVID-19 memang ditandai dengan konjungsi dua planet yakni Saturnus dan Mars. Artinya, posisi kedua planet berada dalam satu garis.

"Memang menjadi sesuatu yang sangat besar pada akhirnya, karena di situ Saturnus konjungsinya sedang kuat," jelasnya dalam program E-life detikcom, Jumat (25/2/2022).

Selama berlangsungnya pandemi, Vira menjelaskan, terjadi beberapa siklus konjungsi antara kedua planet tersebut. Di sisi lain, terjadi juga fenomena yang disebut sphere antara Saturnus dan Uranus.

"Bahasa teknis lagi ya. Sphere ini ketika planet-planet ini kalau dilihat dari bumi sudah cukup jauh," terang Vira.

Berbagai fenomena langit inilah yang menurut Vira berpengaruh terhadap perjalanan pandemi selama ini. Termasuk, naik turunnya gelombang COVID-19 seperti yang terjadi juga saat ini.

"Akhirnya terjadilah lonjakan-lonjakan COVID-19 yang kita rasakan sepanjang 2021 kemarin," paparnya.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/vyp)