ADVERTISEMENT

Senin, 28 Feb 2022 11:03 WIB

4 Makanan Ini Bisa Bantu Meredakan Gejala Omicron

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Makanan untuk penderita COVID-19 4 makanan bisa bantu meredakan gejala Omicron (Foto: iStock)
Jakarta -

Virus Corona varian Omicron sudah merebak ke berbagai penjuru dunia. Selain menaati protokol kesehatan dan menerima suntikan vaksin, menjaga kesehatan tubuh juga merupakan upaya terpapar varian Omicron.

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yakni mengatur pola makan dan mengkonsumsi beberapa makanan agar cepat sembuh dari Omicron. Lantas apa saja makanan agar sembuh dari Omicron?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang bisa membantu sembuh dari Omicron.

Makanan Agar Cepat Sembuh dari Omicron

1. Yogurt

Salah satu makanan enak yang bisa dinikmati saat terinfeksi COVID-19 varian Omicron yakni yogurt. Tekstur yang lembut, dingin, enak di tenggorokan, dan kaya akan protein sehingga membuat kenyang.

Oleh karena itu, pasien positif Omicron disarankan memakan yogurt untuk menambah stamina. Saat mengkonsumsinya, bisa juga menambahkan potongan pisang untuk potasium dan granola.

2. Es Krim

Siapa sangka dessert satu ini bisa jadi makanan untuk pasien positif Omicron?

Es krim sebenarnya bisa menjadi pengisi perut yang mudah ditelan ketika merasakan sakit di tenggorokan. Es krim sendiri bisa memberikan glukosa serta protein, sehingga pasien bisa mempertahankan berat badan.

Umumnya, pasien positif Omicron akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan sebagai efek samping tertular virus.

"Jika Anda tidak memiliki diabetes, es krim menjadi makanan yang dengan mudah dilewati tenggorokan saat sakit. Banyak orang yang terinfeksi Omicron atau Delta kehilangan 20 hingga 30 pon dan itu menjadi masalah berat," terang dr Robert G Lahita MD, PhD, atau akrab disapa dr Bob dari Institute for Autoimmune and Rheumatic Disease di Saint Joseph Health.

3. Minuman dengan Elektrolit

Bagi pasien positif Omicron, terhidrasi menjadi suatu hal penting. Mengkonsumsi minuman elektrolit penting bagi pasien, terutama bagi yang memiliki gejala seperti diare dan muntah.

Minuman yang mengandung elektrolit seperti susu, jus jeruk, jus kedelai, jus tomat, air kelapa.

4. Sup dan Kaldu

Makanan lain yang mudah dikonsumsi saat terpapar Omicron adalah sup atau kaldu.

Jika pasien memiliki nafsu makan yang menurun, sup yang mengandung beberapa jenis protein dan sayuran dapat membantu tubuh memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus.

"Sup dan kaldu bisa menjadi pengganti elektrolit yang baik," ungkap dr Bob.

Lebih lanjut dr Bob mengungkapkan, ketika terinfeksi Omicron ada baiknya mengkonsumsi makanan yang mudah untuk ditelan. Makanan seperti jeruk atau makanan mengandung vitamin C memang baik untuk penambah kekebalan tubuh, tetapi saat terinfeksi Omicron akan sedikit kurang nyaman.

Makanan yang mengandung vitamin C bersifat asam dan sulit ditelah, terutama bagi mereka yang memiliki masalah sakit tenggorokan.

"Akan sulit untuk menelan beberapa makanan ini (mengandung vitamin C), jadi itu sebabnya saya menyarankan makanan yang lembut dan lunak seperti yogurt dan makanan probiotik lainnya," ungkap dr Bob.



Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT