ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Mar 2022 10:00 WIB

Round Up

Catat! Gejala Omicron dari Hari ke Hari yang Wajib Diwaspadai

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Strips of newspaper with the words Omicron and Covid-19 typed on them. Omicron variant of COVID-19. Black and white. Close up. Ilustrasi varian Omicron. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25)
Jakarta -

Kemunculan varian Omicron yang memicu gejala ringan seringkali membuat orang bingung. Pasalnya, gejala yang muncul mirip dengan flu biasa, seperti batuk, hidung meler dan tersumbat, serta sakit kepala.

Seperti apa sih gejala Omicron yang muncul dari hari ke hari sejak awal terinfeksi?

Konsultan pulmonologist dan bronchoscopist dari Rumah Sakit Masina, dr Sonam Solanki, mengungkapkan gejala umum dari COVID-19 Omicron di hari-hari awal adalah nyeri badan yang disertai kelelahan hingga sakit kepala. Di hari selanjutnya mulai muncul gejala-gejala lainnya.

"Gejala-gejala omicron umumnya dimulai dengan sakit badan, kelemahan umum, kelelahan, sakit kepala dan demam pada hari-hari awal. Kemudian gejala tersebut mungkin berkembang, kadang-kadang kering disertai pilek seperti hidung berair, bersin, dan lain-lain," terangnya, dikutip dari Mint, Senin (28/2/2022).

Di banyak kasus, gejala batuk umumnya akan hilang dalam beberapa hari. Sedangkan gejala demam, bisa hilang dalam tiga hari sejak pasien mengalami gejala.

Namun, jika gejala itu tidak kunjung hilang, ada kemungkinan pasien mengalami tingkat keparahan sedang hingga berat dan memerlukan pemantauan yang ketat.

"Batuk biasanya kering yang sembuh dalam beberapa hari ke depan. Sebagian besar waktu yaitu 80 persen pasien, demam sembuh selama tiga hari pertama. Jika tidak, maka itu menjadi tanda infeksi sedang hingga berat yang memerlukan pemantauan ketat," kata dr Sonam.

Selain gejala tersebut, ada tanda lain yang umum dialami saat terinfeksi Omicron. Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT