ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Mar 2022 16:11 WIB

Kemenkes Sebut Seminggu ke Depan Momen Penentuan Gelombang Ketiga COVID RI

Firdaus Anwar - detikHealth
Kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan saat libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW menyebabkan terjadinya kepadatan di jalur wisata Puncak Bogor sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah serta pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom. Kepadatan arus lalu lintas di Puncak, Bogor, Jawa Barat, saat libur panjang akhir Februari lalu. (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Jakarta -

Kasus harian COVID-19 RI mulai turun. Namun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut gelombang ketiga COVID-19 belum tentu sudah dilewati. Seminggu ke depan diprediksi jadi momen penentuan.

Juru bicara program vaksinasi COVID-19 dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan ini karena liburan panjang di akhir Februari lalu tampak membuat mobilitas masyarakat meningkat. Dampaknya terhadap perkembangan wabah COVID mungkin baru akan terasa dalam beberapa hari ke depan.

"Prediksi kita inikan pada minggu keempat dan awal Maret ini. Karena kita melihat adanya potensi lonjakan kasus yang bisa saja terjadi akibat libur panjang pada minggu ini," kata dr Nadia dalam konferensi pers daring yang disiarkan kanal Youtube Kemenkes, Selasa (1/3/2022).

"Kita berharap tentunya sudah melewati (gelombang ketiga)... Kita tunggu nanti apakah liburan satu minggu ini bisa menjadi potensi. Semoga tidak," lanjutnya.

Kasus harian tertinggi di gelombang ketiga COVID-19 RI tercatat pada 16 Februari 2022. Saat itu dilaporkan ada 64.718 kasus COVID-19 dalam sehari.

Untuk saat ini dr Nadia menyebut 14 provinsi di RI tampak sudah melewati puncak dan melaporkan tren penurunan kasus.



Simak Video "Omicron Picu Gelombang 3 Corona, Perlukah RI Lockdown? "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT