Rabu, 02 Mar 2022 06:01 WIB

Penting! Kenali Aturan 60:60 Saat Meeting Online Pakai Earphone

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Young woman mobile phone on public train . Urban city lifestyle commuting concept . Foto: Getty Images/iStockphoto/NanoStockk
Jakarta -

Di masa pandemi COVID-19, meeting online sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Jika sering pakai headset, maka kenali dan terapkan aturan 60:60 agar terhindar dari masalah pendengaran.

Hal ini disampaikan oleh Prof dr Jenny Bashiruddin, SpTHT(K) dari Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher Indonesia (PP PERHATI KL). Salah satu penekanan dalam aturan 60:60 adalah volume yang tidak terlalu besar.

"Volumenya tentu tidak boleh besar, setidaknya 60 persen dari volume yang ada," kata Prof Jenny dalam konferensi pers virtual Hari Pendengaran Sedunia, Selasa (1/3/2022).

Penekanan berikutnya adalah tentang durasi. Menurut Prof Jenny, sangat tidak disarankan untuk menggunakan earphone maupun headset dalam durasi waktu yang terlalu lama.

"Setiap satu jam kita harus istirahat," pesan Prof Jenny.

Secara global, angka kejadian gangguan pendengaran tingkat berat meningkat ketika usia 60 tahun. Sedangkan pada usia 90 tahun, angkanya menjadi lebih dari 58 persen.

Pemeriksaan pendengaran penting dilakukan pada populasi yang sering terpapar kebisingan, misalnya karyawan yang bekerja di lingkungan dengan tingkat kebisingan di atas 85 desibel. Disarankan, pemeriksaan pendengaran pada kelompok ini dilakukan minimal 1 tahun sekali.



Simak Video "Pengobatan Terapi Musik untuk Anak-anak Tunarungu"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)