ADVERTISEMENT

Sabtu, 05 Mar 2022 13:00 WIB

Gejala Omicron saat Makan, Ahli Ungkap Dua Tanda yang Kerap Muncul

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Gejala COVID-19 Omicron. (Foto: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG)
Jakarta -

Gejala Omicron kerap menyerupai pilek dan batuk biasa, lebih ringan dibandingkan COVID-19 varian Delta. Variant of Concern (VoC) yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan ini jarang menyebabkan gejala klasik COVID-19 seperti demam dan anosmia.

Menurut para ahli di ZOE COVID-19 Study Inggris, pasien Omicron juga banyak mengeluhkan gejala gastrointestinal seperti berikut:

  • Diare
  • Sakit perut
  • Mual

Gejala Omicron saat Makan

Di samping itu, gejala Omicron juga bisa muncul saat makan, yaitu kehilangan nafsu makan atau melewatkan makanan. Meski begitu, Zoe COVID-19 Study menekankan gejala Omicron satu ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

"Namun, kehilangan nafsu makan yang terus-menerus pada orang tua bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang salah dan harus dikonsultasikan dengan dokter umum atau profesional kesehatan mereka," kata para peneliti.

"Tidak perlu memaksakan diri untuk makan jika Anda tidak menyukainya, tetapi sangat penting untuk tetap minum cairan untuk membantu mengganti air yang hilang saat tubuh Anda melawan infeksi," sambung mereka.

Apa Penyebab Gejala Omicron saat Makan?

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyebut jumlah pasien yang mengalami gejala Omicron ini memang banyak, tetapi cenderung normal karena tengah merasa tak sehat saat terpapar COVID-19.

"Banyak orang mengalami kehilangan nafsu makan dan asupan makanan berkurang ketika tidak sehat dengan COVID-19 dan selama pemulihan mereka. Adalah normal untuk merasa lelah setelah tidak sehat dan pemulihan bisa memakan waktu," beber NHS.

NHS menyarankan orang yang mengeluhkan dua gejala Omicron saat makan ini terus memantau berat badan dan tanda-tanda penurunan berat badan mereka. Penting juga untuk dicatat, pasien tetap harus menerima makanan kaya nutrisi dan memastikan tetap terhidrasi.

Gejala Umum Omicron

Terlepas dari dua gejala Omicron saat makan yang disebutkan di atas, sakit tenggorokan, nyeri tubuh, demam ringan, pilek dan sakit kepala mungkin merupakan gejala lebih umum dari infeksi Omicron.

Dalam kasus yang sangat jarang, seseorang juga sangat mungkin mengalami keringat malam dan perasaan muntah dan mual, sesuai dengan laporan studi ZOE.

Meski begitu, tetap saja para ahli menyarankan untuk melakukan tes COVID-19 demi memastikan apakah seseorang benar-benar terpapar Omicron.



Simak Video "WHO Minta Dunia Waspada Penyebaran Omicron yang Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT