Minggu, 06 Mar 2022 06:28 WIB

Catat! Ini Gejala Omicron Tak Biasa saat BAB dan Cara Mengatasinya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi wanita di toilet Gejala Omicron saat BAB. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sejumlah pakar mengklaim gejala COVID-19 varian Omicron lebih ringan daripada varian lainnya, seperti Delta. Adapun gejalanya mirip dengan flu biasa, yaitu batuk, pilek, hidung tersumbat, hingga sakit tenggorokan.

Akan tetapi, sejumlah pasien juga ada yang merasakan gejala tak biasa yang muncul saat buang air besar (BAB), yaitu diare.

Hal ini diketahui dari sejumlah ahli yang melaporkan ada ciri-ciri gejala Omicron yang cukup unik dan bisa muncul di momen tertentu.

Berdasarkan laporan John Hopkins Medicine, sekitar 20 persen pasien COVID-19 cenderung mengalami diare sebagai gejala awal usai terpapar Omicron.

Kecurigaan tersebut semakin kuat apabila pasien mengalami diare yang disertai gejala lain, seperti flu. Mengingat saat COVID-19 kita tak bisa pergi keluar rumah untuk membeli obat diare, lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi berikut.

Bahan Alami untuk Meredakan Diare

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (4/3/2022), berikut 6 bahan alami yang bisa meredakan diare akibat COVID-19 varian Omicron.

1. Oralit buatan sendiri

Oralit adalah salah satu obat yang bisa meredakan diare. Tak perlu susah-susah pergi ke apotek, kita pun bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang sederhana di rumah.

Cara mengolahnya:

  • Larutkan enam sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam dalam satu liter air
  • Aduk hingga merata sampai gula dan garam tersebut larut
  • Minum satu gelas tiap 4-6 jam sekali

Sebagai informasi, gula dan garam adalah elektrolit yang ampuh mengusir dehidrasi akibat diare yang berlebih.

2. Pisang

Tak hanya dikenal sebagai salah satu buah yang enak disantap, rupanya pisang juga bisa mengobati diare secara alami loh. Pasalnya, kandungan kalium di dalam pisang mampu menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.

Selain itu, pisang juga mengandung pektin yang bisa menyerap cairan di dalam usus untuk menjadikan kotoran yang dikeluarkan lebih padat dan tidak berair.

3. Kentang

Sama seperti pisang, kentang juga memiliki kandungan kalium yang ampuh untuk meredakan diare.

Cara mengolahnya:

  • Kukus kentang tanpa bahan campuran lain, seperti mentega, margarin, atau saus pedas

4. Jahe

Khasiat jahe yang mengandung sifat antiradang ini diklaim sangat ampuh untuk mengobati diare akibat Omicron. Bahkan, tanaman ini juga berfungsi untuk menenangkan perut loh.

Cara mengolahnya:

  • Rebus irisan jahe dan diminum selagi hangat

5. Wortel

Selain bagus untuk mata lantaran kandungan vitamin A di dalamnya, wortel juga mengandung pektin yang bisa membuat feses menjadi lebih padat.

Cara mengolahnya:

  • Tumbuk wortel hingga halus dan diblender dengan sedikit air untuk menjadi bubur

6. Air putih

Pasien positif Omicron dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Sebab, selain mengatasi diare akibat gejala Omicron, air putih juga bisa mencegah dehidrasi di dalam tubuh.

Setidaknya mengkonsumsi satu liter air putih per jam untuk meningkatkan cairan dalam tubuh. Nah, saat diare ada baiknya juga menghindari minuman alkohol, kafein, dan susu ya.

Saksikan juga: Asal Usul Penomoran Kode Pos Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(suc/kna)