Senin, 07 Mar 2022 10:46 WIB

Gibran Positif COVID-19 Lagi, Ini Gejala yang Dialaminya

Firdaus Anwar - detikHealth
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto ilustrasi: Ari Purnomo/detikcom
Jakarta -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terdiagnosis positif COVID-19. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut diketahui sudah mengalami gejala sejak beberapa hari lalu dan kini tengah menjalani isolasi.

"Iya positif," kata Gibran dalam keterangan tertulis pada Minggu (6/3/2022).

Ini merupakan kali kedua Gibran dilaporkan terinfeksi COVID-19. Sebelumnya, Gibran sempat dinyatakan positif pada Juli 2021 lalu.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, bercerita awalnya Gibran mendapat rekomendasi tes PCR oleh dokter setelah mengalami gejala batuk-batuk. Gibran menyerahkan tugasnya pada Teguh dan kini menjalani isolasi mandiri di rumah dinas Loji Gandrung.

"Kemarin pagi beliau batuk-batuk, kemudian dari tim dokter menyarankan untuk PCR," kata Teguh saat dihubungi detikJateng, Sabtu (5/3).

Selengkapnya tentang Gibran positif COVID-19 bisa disimak DI DETIK JATENG.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) batuk, demam, nyeri, dan rasa letih jadi gejala yang paling banyak dialami oleh pasien COVID-19. Batuk COVID-19 bisa sulit dibedakan dengan batuk karena penyebab lain, namun ada beberapa ciri khas yang bisa diperhatikan.

Batuk karena COVID-19 biasanya tanpa disertai dahak atau sering disebut batuk kering. Aline M Holmes dari Rutgers University School of Nursing mendeskripsikan batuk kering karena COVID-19 terdengar kasar atau berat.

Spesialis paru-paru dr Budhi Imansyah, SpP, FISR, dari Primaya Hospital Bekasi Barat menambahkan batuk yang juga patut dicurigai COVID-19 adalah yang biasanya muncul tiba-tiba dan menetap.

Biasanya orang akan batuk karena beberapa hal, misalnya terpapar udara kotor atau karena kebiasaan merokok. Nah pada kasus infeksi virus Corona batuk ini muncul tanpa penyebab tersebut.



Simak Video "Positif Covid-19 Lagi, Gibran Rakabuming Alami Gejala Batuk"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)