Banyak Pengidap Wasir di Surabaya, Waspada Jika Ada Keluhan Ini

ADVERTISEMENT

Banyak Pengidap Wasir di Surabaya, Waspada Jika Ada Keluhan Ini

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Senin, 07 Mar 2022 18:40 WIB
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling.
Ilustrasi ambeien (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Kasus wasir dan ambeien kini meningkat di Surabaya. Belakangan, lebih dari tiga pasien datang ke RS PHC Surabaya dengan keluhan anus terasa gatal hingga benjolan di area sekitar anus.

Keluhan para pasien ambeien memang beragam, selain gatal dan benjolan keras di sekitar anus, pasien bisa mengalami perdarahan dari anus setelah buang air besar (BAB) dan keluar lendir setelahnya.

"Memang penyakit wasir angkanya tinggi di Indonesia, tapi di Surabaya cukup tinggi. Wasir ini bisa menyerang siapa saja mau tua maupun muda," kata dokter bedah RS PHC dr Paulus Dicky Dwi Nugroho, SpB, Senin (7/3/2022).

Pasien wasir dominan di usia berapa?

Wasir dapat terjadi di segala usia mulai dari atas 20 hingga 50 ke atas, tetapi lebih sering dialami oleh orang berusia 50 tahun ke atas. Penyebab terjadinya wasir tidak lain adalah gaya hidup yang tidak teratur.

Maka dari itu, dr Dicky menyarankan agar lebih banyak minum air putih antara 10-12 gelas per hari, karena itu bisa menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Selain itu perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayur dan oat.

dr Dicky juga menyarankan agar tidak menahan keinginan untuk BAB dan hindari duduk yang terlalu lama hingga kebiasaan mengangkat beban berat.

Tindakan operasi wasir di RS PHC Surabaya cukup banyak, perbulan bisa ada 5 sampai 10 tindakan untuk penanganan wasir.

Bisakah kondisi ini disembuhkan?

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Seks Oral, Lebih Berbahaya Bagi Laki-laki atau Perempuan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT