ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Mar 2022 05:32 WIB

Terungkap! 16 Variasi Genetik Ini Tingkatkan Risiko Keparahan Pasien COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Blood cells, molecule of DNA forming inside the test tube. 3D illustration, conceptual image of science and technology. Variasi Genetik (Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage)
Jakarta -

Para ilmuwan mengumumkan temuan 16 variasi genetik pada pasien COVID-19 dengan tingkat keparahan tinggi. Dipercaya variasi tersebut mengurangi kemampuan tubuh menangkal virus.

Temuan ini diharapkan bisa membantu pengembangan terapi yang efisien pada pasien yang sakit parah. Gen yang ditemukan pada pasien COVID-19 parah juga membuatnya rentan terhadap inflamasi berlebihan dan penggumpalan darah.

"Sangat mungkin di masa mendatang kita bisa membuat prediksi pasien berdasarkan genome pada titik yang menentukan perawatan kritis," kata salah seorang peneliti, Kenneth Baillie dari University of Edinburgh, dikutip dari Reuters.

Variasi genetik ini ditemukan setelah para ilmuwan menganalisis 56 ribu sampel dari pasien COVID-19 dengan kondisi kritis di Inggris. Hasil perbandingan dengan sampel dari kelompok lain menunjukkan adanya 16 perbedaan yang belum terungkap selama ini.

Diharapkan, temuan ini bisa membantu para ilmuwan mengembangkan pengobatan yang lebih efektif. Dicontohkan, salah satu variasi genetik berpengaruh pada regulasi 'Faktor VIII' yakni protein yang berperan pada proses penggumpalan darah.

"Penggumpalan darah merupakan salah satu penyebab utama kenapa pasien COVID-19 mengalami kekurangan oksigen. Jadi sangat mungkin ditargetkan untuk mencegah gumpalan ini terbentuk," jelas Baillie.

Simak Video 'Begini Tren Covid RI yang Kata Menko Luhut Turun Signifikan':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT