ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Mar 2022 08:00 WIB

Makan Nasi Padang Kok Pakai Sendok? Eits, Tangan Kosong Juga Ada Risikonya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Bawa Duit Rp 10.000 Bisa Kenyang Makan Nasi Padang di 5 Tempat Ini Ilustrasi ramai perdebatan makan nasi padang dengan sendok versus dengan tangan kosong. Foto: Instagram/iStock
Jakarta -

Linimasa media sosial belum lama ini dibuat heboh oleh perdebatan perihal makan nasi padang dengan sendok atau langsung dengan tanpa sendok. Awalnya, influencer Arief Muhammad membuka polling di Instagram Story. Diperolehnya, mayoritas netizen memilih makan nasi padang langsung dengan tangan.

"Heran, kok masih banyak ternyata yang makan nasi padang pakai sendok. Nikmatnya makan nasi padang pake sendok tuh dimana? Coba deh gue pengen tau kalian makan nasi padang pakai tangan atau sendok," unggahnya dalam akun Instagram @ariefmuhammad yang kini diikuti 5 juta akun.

Pendapat serupa disampaikan oleh komika Bintang Emon. Lewat fitur Instagram Story di akun @bintangemon, ia menunjukkan dirinya tengah dengan nikmat menyantap hidangan nasi padang langsung menggunakan tangan.

"Makan Padang tuh mau lauknya ini (rendang), mau ayam bakar, mau telur, udang bebas, yang penting cara makannya gini (pakai tangan). Kayaknya harus dimasukin ke Kemendikbud kurikulum cara makan nasi Padang yang bener," bebernya.

Awas makan jadi kebablasan!

Bagi sebagian orang, makan nasi padang langsung menggunakan tangan memang efektif menambah kenikmatan. Namun rupanya di samping itu, spesialis gizi klinik dari Ambrosia Klinik dan Estetik, dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, menyebut makan nasi padang langsung dengan tangan bisa bikin napsu makan 'kebablasan'.

Lantaran lebih nikmat, napsu makan menjadi bertambah, asupan makanan pun menjadi lebih banyak dibanding makan menggunakan sendok.

"Sebenarnya sih kalau makan dengan tangan atau sendok itu tergantung kebiasaan dan itu sebenarnya tidak terlalu berpengaruh dengan gizi atau makanan atau kalori makanan yang masuk," jelasnya saat ditemui detikcom di Bekasi, Senin (7/3/2022).

"Tapi misalnya ada orang yang mungkin kalau makannya lebih enak pakai tangan itu makannya bisa kebablasan tuh makannya lebih banyak. Atau mungkin ada yang agak risih dengan tangan dan lebih senang dengan sendok itu sebenarnya nggak masalah," sambung dr Karin.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT