Selasa, 08 Mar 2022 09:20 WIB

Ketentuan PPKM Level 2 di Jawa-Bali Terbaru: PTM, WFO, hingga Nge-mall

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Pedagang Kaki Lima (PKL) tetap berjualan di Trotoar Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (12/5/2021). Meski hari raya Idul Fitri tinggal satu hari lagi para pedagang tetap berjualan di trotoar. Ketentuan PPKM level 2 (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ketentuan PPKM level 2 sangat penting diketahui masyarakat. Pasalnya, pemerintah kembali memperbarui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah, termasuk Jawa-Bali.

Hal ini tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 4, level 3, level 2, Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa Bali. Lantas, ketentuan PPKM level 2 di Jawa-Bali yang terbaru seperti apa sih? Simak informasi berikut.

Ketentuan PPKM Level 2 Terkait PTM/PJJ

Ketentuan PPKM level 2 memberlakukan aktivitas belajar mengajar melalui pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan mengacu pada Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 05/KB/202l, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/ MENKES/ 6678/ 2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Ketentuan PPKM Level 2 Terkait WFO

Ketentuan PPKM level 2 memberlakukan work from office (WHO) di sektor non esensial dengan maksimal 75 persen bagi karyawan yang sudah divaksin dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi di pintu akses.

Ketentuan PPKM Level 2 di Gym

Berdasarkan ketentuan PPKM level 2, tempat kebugaran atau gym dan ruang pertemuan diizinkan buka dengan kapasitas 75 persen, juga menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Ballroom atau ruang pertemuan dengan kapasitas besar tidak diizinkan menyajikan hidangan prasmanan.

Ketentuan PPKM Level 2 di Supermarket

Jam operasional supermarket, hipermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan dibatasi hingga pukul 21.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 75 persen. Akses masuk menggunakan PeduliLindungi dan harus berstatus hijau kecuali tidak bisa divaksin dengan alasan kesehatan sebagaimana berdasarkan ketentuan PPKM level 2.

Ketentuan PPKM Level 2 di Restoran

Ketentuan PPKM level 2 juga diberlakukan di restoran. Warung makan, warteg, dan pedagang kaki lima, boleh buka dengan protokol kesehatan hingga pukul 21.00 WIB dan kapasitas pengunjung 75 persen. Selain itu, waktu makan dibatasi maksimal 60 menit atau 1 jam.

Restoran dan kafe yang buka di malam hari bisa beroperasi mulai pukul 18.00 hingga 00.00 WIB dengan kapasitas 50 persen dan waktu durasi makan 60 menit. Tentu saja yang paling penting adalah wajib menggunakan PeduliLindungi sebagai akses masuk.

Ketentuan PPKM Level 2 di Mal

Pusat perbelanjaan atau mal buka dengan kapasitas maksimal 75 persen sampai pukul 21.00 WIB. Anak di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua, usia 6-12 tahun wajib sudah vaksin minimal dosis pertama.

Ketentuan PPKM Level 2 pada Transportasi umum

Berdasarkan ketentuan PPKM level 2, transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 100 persen, serta 100 persen untuk pesawat terbang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.



Simak Video "Aturan ke Mal dan Bioskop Terbaru PPKM Level 2 Jabodetabek"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)