ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Mar 2022 12:31 WIB

Diungkap, Ini Kondisi Penerima Cangkok Jantung Babi 2 Bulan Sebelum Meninggal

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Transplantasi jantung babi ke manusia Pasien penerima cangkok jantung babi meninggal dunia. (Foto: University of Maryland Medicine)
Jakarta -

Orang pertama di dunia yang menerima transplantasi jantung babi meninggal dunia. David Bennett tutup usia setelah dua bulan menerima transplantasi jantung babi tersebut.

Kematiannya diumumkan pihak rumah sakit yang melakukan operasi, Senin (7/3/2022).

Menerima perawatan paliatif

Kondisi pria berusia 57 tahun ini mulai memburuk beberapa hari terakhir. Meski dokter belum memberikan penyebab pasti kematiannya, David Bennett hampir sepekan membutuhkan perawatan paliatif, artinya dirinya dipastikan tak akan pulih.

"Kami sangat terpukul atas kehilangan Tuan Bennett. Dia terbukti menjadi pasien pemberani dan mulia yang berjuang sampai akhir," kata Dr Bartley Griffith, yang melakukan operasi di rumah sakit Baltimore, dikutip dari Al Jazeera.

Kondisi pasien penerima transplantasi jantung babi awalnya terpantau baik dan tak menunjukkan penolakan selama beberapa minggu. Pasien bahkan bisa kembali beraktivitas biasa menghabiskan waktu bersama keluarga, sembari melakukan terapi fisik.

Namun, ia mendadak perlu dirawat di rumah sakit dan kondisinya terus menurun drastis. Masih belum jelas detail kondisi pasien penerima transplantasi jantung babi di jelang-jelang kematiannya, tetapi pihak keluarga berharap hasil eksperimen semacam ini bisa memberikan gambaran manfaat untuk prosedur medis masa mendatang.

"Kami juga berharap apa yang dipelajari dari operasinya akan bermanfaat bagi pasien di masa depan dan mudah-mudahan suatu hari, kekurangan organ yang merenggut begitu banyak nyawa setiap tahun berakhir," demikian harapan keluarga.

Awal mula transplantasi jantung

Bennett pertama kali datang ke RS, Oktober lalu dan ditempatkan pada mesin bypass jantung-paru untuk membuatnya tetap bertahan hidup, tetapi ia dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung konvensional.

Setelah Bennett menerima transplantasi jantung babi yang telah dimodifikasi secara genetik. Bagi Bennett, prosedur itu adalah pilihan terakhirnya.

"Sebelum menyetujui untuk menerima transplantasi, David Bennett sepenuhnya diberitahu tentang risiko prosedur dan bahwa prosedur itu eksperimental dengan risiko dan manfaat yang tidak diketahui," kata RS setempat.



Simak Video "Pasien Pertama Penerima Cangkok Jantung Babi Meninggal, Ini Kata Ahli"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT