Kamis, 10 Mar 2022 14:40 WIB

Anak Terpapar COVID-19? 5 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penyembuhan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Makanan untuk penderita COVID-19 Makanan untuk isoman COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Anak yang terkonfirmasi positif COVID-19, termasuk Omicron, baik itu bergejala ringan atau tanpa gejala wajib menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah atau di fasilitas yang telah disediakan pemerintah.

Anak yang menjalani isoman disarankan untuk banyak istirahat, menerapkan protokol kesehatan, dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Hal ini pun sejalan dengan pernyataan Prof Dr dr Hinky Hindra Irawan Satari Ketua Komnas KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), dokter spesialis anak sekaligus konsultan penyakit infeksi dan tropis dari RS Pondok Indah.

"Untuk cepat sembuh ya daya tahan tubuh harus ditingkatkan dengan vaksinasi, makanan dan istirahat, ruangan ventilasi yang cukup agar udara luar dapat masuk, udara di dalam harus bisa keluar, lalu lingkungan yang baik, jangan banyak orang, pakai masker, cuci tangan," katanya dalam webinar virtual COVID-19 Anak, Kamis (10/3/2022).

"Jadi cara cepat sembuh ya lakukan protokol kesehatan dan tentunya konsultasi pada dokter," lanjutnya lagi.

Berbicara tentang makanan yang sehat, dr Hinky pun membeberkan sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi oleh anak saat menjalani isoman, seperti:

  • Hidrat arang (karbohidrat)
  • Protein hewani
  • Lemak
  • Vitamin
  • Mineral

Selain itu, dr Hinky juga menambahkan bahwa orang tua dapat memberikan makan pada anak berupa protein hewani, sayur-mayur setiap hari, hingga susu dua gelas untuk mempercepat penyembuhan COVID-19.

"Makanan apapun meskipun kita upayakan untuk komposisinya tadi, hidrat arang, protein, lemak, vitamin, dan mineral, artinya protein hewani setiap hari, buah-buahan manis setiap hari, sayur-sayuran hijau setiap hari, susu dua gelas itu bisa mempercepat (penyembuhan)," tuturnya.

Sedangkan untuk pantangan makanan, dr Hinky menyarankan untuk tidak memberikan makanan pedas dan merangsang kepada anak.

"Pantangan makanan untuk anak isoman, seperti yang pedas yang merangsang, karena kan dia suka mual, suka sakit menelan, jadi makanannya harus lembut dan hangat," lanjutnya.



Simak Video "Simak Lagi! Ini 4 Derajat Keparahan Gejala Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)