Jumat, 11 Mar 2022 09:13 WIB

Konsultasi Kesehatan

Cairan Sperma Keluar dari Miss V, Bisa Hamil Nggak Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
woman wearing white Sleepwear lying on bed . Female holding hand to spot of vagina-ache. Concept photo Penis pain.Health care concept,Soft focus Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya haid hari pertama di tanggal 25 januari 2022 dan selesai tanggal 29 januari. Pada tanggal 5 Februari saya berhubungan badan dan sperma dikeluarkan di dalam (ejakulasi di dalam vagina).

Usai hubungan badan saya duduk, banyak keluar cairan putih dari vagina. Sampai besoknya jam 4 pagi saat saya buang air besar dari vagina masih keluar cairan kental putih seperti keputihan.

Kemungkinan hamil saya tinggi atau rendah? Apakah ini bisa jadi tanda saya akan hamil atau tidak Dok?

IR (wanita)

Jawaban:

Hi Mom,

Hal yang perlu Mom ketahui adalah bagaimana cara menghitung waktu subur, sehingga kita bisa mengatur kemungkinan terjadi kehamilan atau tidak.

Waktu subur umumnya terjadi 14 hari sebelum siklus haid bulan depan plus minus dua hari. Ini merupakan waktu yang sangat menentukan, di sinilah pengaturan sangat berperan penting untuk terjadinya kehamilan atau tidak.

Sedangkan adanya sperma sendiri jika tidak menggunakan pengaman, dan tepat saat masa-masa kesuburan, akan sangat meningkatkan kemungkinan kehamilan.

dr Reni Junita, SpOG
Morula IVF Margonda

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)