ADVERTISEMENT

Sabtu, 12 Mar 2022 08:21 WIB

Sakit Tenggorokan Gara-gara Omicron? Ini 4 Langkah Mudah Mengatasinya

Firdaus Anwar - detikHealth
8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga Pisang Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra
Jakarta -

Sakit tenggorokan merupakan gejala umum yang bisa dirasakan pasien COVID-19 omicron. Beberapa ahli menyebut gejala mulai dari kelelahan, sakit tenggorokan, sakit kepala, hingga hidung meler sebagai gejala awal infeksi.

Bila kamu termasuk kelompok orang yang mengalaminya, rasa sakit tenggorokan mungkin bisa jadi hal mengganggu karena membuat aktivitas menelan menyakitkan. Untungnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan sakit tenggorokan.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut 4 langkah mengatasi sakit tenggorokan:

1. Minum Air

Minum air jadi langkah paling sederhana yang bisa dilakukan untuk meringan sakit tenggorokan. Air akan membuat kelembapan tenggorokan terjaga sehingga mencegah iritasi yang bisa memicu nyeri.

Agar manfaatnya lebih terasa, seseorang bisa mengonsumsi air hangat yang sudah dicampur dengan bahan alami, seperti madu atau mint.

2. Berkumur

Berkumur dengan larutan obat kumur atau air garam dapat membantu meredakan gejala Omicron. Dokter gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, drg Andrianto Soeprapto, SpBM, menjelaskan hal ini dapat membantu membilas partikel virus yang mungkin menempel pada dinding saluran napas dan tenggorokan.

Berkumur selama satu menit sebanyak tiga kali sehari disebut efektif membantu penyembuhan dan menurunkan keparahan gejala. Lakukan dua kali tahap berkumur yaitu 30 detik pada rongga mulut, dilanjut 30 detik di tenggorokan belakang dengan kepala tengadah ke atas.

3. Konsumsi Makanan Bergizi dan Istirahat

Tubuh memerlukan nutrisi dan istirahat yang cukup agar bisa cepat memulihkan diri dari infeksi. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Bila perlu asupan multivitamin juga disarankan oleh para ahli.

4. Obat Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan juga bisa diredakan lewat bantuan obat pereda nyeri yang dijual umum, seperti misalnya paracetamol atau ibuprofen. Selain itu biasanya dijual juga obat khusus untuk sakit tenggorokan dalam bentuk tablet atau permen hisap.

Saksikan juga: Kisah Nurida, Dulu Pemulung, Kini Bangun 'Sekolah Pemulung' di Pinggir Kuburan

[Gambas:Video 20detik]




(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT