ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Mar 2022 21:30 WIB

4 Obat Batuk Berdahak Alami untuk Redakan Gejala Omicron

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Cara Menyimpan Jahe yang Benar Obat batuk berdahak alami (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Ada sejumlah obat batuk berdahak alami untuk meredakan gejala Omicron. Mengingat gejala COVID-19 varian ini mirip dengan flu biasa, salah satunya batuk.

Menurut dokter spesialis paru dari RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K), batuk akibat COVID-19 varian Omicron dapat berupa batuk kering.

"Mulai dari gatal tenggorokan sampai nyeri, kemudian biasanya menjadi batuk. Biasanya batuknya kering, kemudian disertai hidung tersumbat. Di hidung ada beberapa, ada yang merasa hidung tersumbat, ada yang merasa pilek," terangnya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (29/1/2022).

Meski sebagian besar batuk Omicron berupa kering, namun di beberapa kasus ada juga yang mengalami batuk berdahak yang sulit dikeluarkan.

Obat Batuk Berdahak Alami

Lantas, apa saja obat batuk berdahak alami untuk meredakan gejala COVID-19 varian Omicron? Simak informasi berikut.

1. Jahe

Salah satu obat batuk berdahak alami yang mampu atasi batuk akibat Omicron adalah Jahe. Kandungan sifat antioksidan, antiinflamasi dan antinosiseptif yang ada di dalam jahe berguna untuk menenangkan tenggorokan, meredakan nyeri, hingga mengurangi peradangan di tenggorokan dan saluran napas bawah yang disebabkan oleh batuk.

Selain itu, jahe juga bisa bekerja sebagai ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak.

"Jahe sudah lama terbukti memiliki antioksidan, antiinflamasi atau antiperadangan, dan ada antinosiseptif yang membantu meredakan nyeri tenggorokan, jadi ada sifat menenangkan tenggorokan," kata Dr dr Inggrid Tania, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dalam diskusi daring, Jumat (25/2/2022).

2. Kencur

Kencur juga diklaim sebagai obat batuk berdahak alami. Pasalnya, tanaman herbal ini memiliki sifat yang mirip dengan jahe, yaitu mengandung antioksidan, antiinflamasi dan antinosiseptif yang bisa menenangkan tenggorokan. Selain itu, memiliki sifat antitusif untuk menekan batuk akibat COVID-19 Omicron.

"Dia bisa membantu meredakan batuk, disamping memiliki sifat antitusif yang bisa menekan relfeks batuk," kata dr Inggrid.

3. Buah Jeruk Nipis

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak alami. Buah ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan di tenggorokan serta saluran napas bawah yang disebabkan oleh batuk.

4. Berkumur Air Garam

Dikutip dari Healthline, obat batuk berdahak alami berikutnya bisa dilakukan dengan cara berkumur air garam. Obat ini dapat membantu membersihkan dahak yang menempel di bagian belakang tenggorokan. Bahkan dapat membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan.

Caranya:

Campurkan secangkir air hangat dengan 1/2 hingga 3/4 sendok teh garam. Cicipi sedikit campuran tersebut lalu gunakan untuk kumur-kumur selama 30-60 detik.

Untuk itu, selain mengkonsumsi obat medis, bisa juga menggunakan obat batuk berdahak alami untuk meringankan gejala Omicron.



Simak Video "Gejala Covid-19 yang Dialami Pasien Omicron di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT