Minggu, 13 Mar 2022 12:00 WIB

Muncul Spekulasi di Balik Perilaku Putin, Idap Penyakit Serius?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Presiden Rusia Vladimir Putin Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Jakarta -

Perilaku presiden Rusia Vladimir Putin disorot oleh aliansi intelijen Five Eyes, disebut berhubungan dengan penyakit serius. Sumber dari organisasi tersebut juga mengamati perubahan fisik Putin yang menggemuk dalam beberapa kemunculan terakhirnya.

Diberitakan The Daily Mail, figur senior dari Five Eyes menyebut sumber yang dekat dengan Kremlin mengaitkan keputusan menginvasi Ukraina dengan penurunan kondisi psikologis sang presiden.

"Ada perubahan yang bisa diidentifikasi dalam pengambilan keputusan selama 5 tahun terakhir. Orang-orang di sekitarnya merasakan perubahan nyata dalam keyakinan dan kejelasan terkait apa yang dikatakan dan bagaimana ia memandang dunia di sekitarnya," kata sumber tersebut, dikutip dari Daily Mail.

Beberapa spekulasi yang berkembang mengaitkan perilaku Putin yang tidak menentu dengan demensia atau pikun, gangguan neurologis Parkinson, dan efek steroid untuk pengobatan kanker yang memicu 'roid rage'.

Pada 2020, Kremlin telah membantah bahwa Putin mengidap penyakit misterius. Spekulasi tersebut muncul setelah Putin tampak gemetar dalam sebuah video.

Sedangkan terkait penampakan fisik, Putin diklaim menggemuk di bagian pipi dan leher. Sumber tersebut mengaitkannya dengan efek samping penggunaan steroid.



Simak Video "Soal Konflik Rusia-Ukraina, WHO: Perang Ini Harus Dihentikan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)