Rabu, 16 Mar 2022 11:11 WIB

Depok Disebut Bersiap Masuk ke Fase Endemi COVID-19, Ini Skenarionya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Warga berbelanja saat pemberlakuan pembatasan pengunjung supermarket di Tiptop, Depok, Jawa Barat, Senin (30/3/2020). Pembatasan jumlah pengunjung yang berbelanja tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyebut tengah mempersiapkan tiga skenario peralihan pandemi COVID-19 ke endemi.

Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangannya menuturkan Pemkot Depok sedang menyiapkan peraturan daerah (perda) mengenai protokol kesehatan.

"Dengan perda tersebut nantinya dalam hal tindakan-tindakan, termasuk juga sanksi kepada masyarakat, bisa diterapkan, sedang kami siapkan," ujarnya dikutip dari ANTARA, Rabu (16/3/2022).

Langkah yang akan dilakukan Pemkot Depok untuk bersiap masuk ke fase endemi pertama yakni mempercepat vaksinasi. Kedua, mengelola COVID-19 menjadi penyakit musiman seperti flu.

Ketiga, yaitu langkah ketika memasuki situasi terburuk, berupa mitigasi ancaman varian baru Covid-19. Meskipun begitu, dirinya berharap hal tersebut tidak terjadi.

Kapan RI menuju endemi?

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman dalam kesempatan terpisah mengatakan kebijakan penentuan pandemi ke endemi dipegang sepenuhnya oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kalau WHO masih menyebutnya pandemi, mau negara itu melonggarkan, ya tetap pandemi," kata Dicky kepada detikcom, Senin (14/3/2022).

Menurut Dicky, pemerintah tak boleh gegabah dalam mengubah status pandemi ke endemi mengingat kasus COVID-19 harian di Indonesia masih cukup tinggi. Ia mengatakan tidak tepat mengarahkan pandemi ke endemi.

"Harusnya dari pandemi ke terkendali karena kalau endemi, ya kita gagal mencegah orang sakit, kematian," bebernya.



Simak Video "5 Temuan yang Diklaim Bisa Mengatasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)