7 Cara Menahan Lapar saat Diet, Cepat Langsing Tanpa Asam Lambung

ADVERTISEMENT

7 Cara Menahan Lapar saat Diet, Cepat Langsing Tanpa Asam Lambung

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 16 Mar 2022 13:49 WIB
Jadi Bumbu Masakan, 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Cara menahan lapar saat diet (Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk)
Jakarta -

Cara menahan lapar saat diet memang terkadang sulit dilakukan bagi sebagian orang, apalagi yang baru menjalani diet pertama kali. Sensasi lapar dan rasa panas di lambung akibat asam lambung naik, selalu menggagalkan keinginan seseorang untuk menjalani diet.

Karena hal tersebut banyak orang memilih cara instan dengan mengkonsumsi obat diet yang tentunya memiliki berbagai efek samping.

Daripada menggunakan obat-obatan yang berisiko mengganggu kesehatan, lebih baik menggunakan cara alami yang dinilai lebih aman.

Cara Menahan Lapar saat Diet

Penasaran seperti apa cara menahan lapar saat diet yang mudah dan cepat? Berikut informasinya, seperti dikutip dari Medical News Today, Rabu (16/3/2022).

1. Konsumsi Protein dan Lemak Sehat

Cara menahan lapar saat diet usahakan untuk mengkonsumsi makan yang tinggi protein dan lemak sehat. Pasalnya, kedua makanan tersebut sangat membantu menjaga nafsu makan menjadi terkendali dalam waktu yang cukup lama.

Menurut rekomendasi dari The Dietary Guidelines for Americans, makanan bernutrisi berikut harus ada dalam menu diet sehari-hari, seperti:

  • Daging tanpa lemak
  • Telur
  • Kacang dan kacang polong
  • Produk kedelai
  • Greek yogurt
  • Buah alpukat
  • Minyak zaitun

2. Minum Sebelum Makan

Kebiasaan minum segelas besar air sebelum makan terbukti efektif sebagai cara menahan lapar saat diet loh. Bahkan, seseorang menjadi tak mudah lapar meskipun sudah makan. Bisa juga meminum dua gelas air saat lapar sekaligus mengenyangkan perut.

Berdasarkan studi yang mengamati kelompok obesitas menunjukkan bahwa minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu dapat menyebabkan penurunan nafsu makan dan kehilangan berat badan.

3. Konsumsi Makanan Berserat

Cara menahan lapar saat diet bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat, terutama di jam makan utama.

Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat menekan nafsu makan yang efektif. Juga, prosesnya pun cukup lambat dalam pencernaan, sehingga memberi efek kenyang lebih lama.

  • Adapun makanan serat tinggi berupa:
  • Biji-bijian utuh
  • Kacang-kacangan dan kacang-kacangan
  • Apel dan alpukat
  • Kacang almond
  • Biji chia
  • Sayuran

4. Olahraga Sebelum Makan

Olahraga sebelum makan juga terbukti efektif sebagai cara menahan lapar saat diet. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan hormon ghrelin.

Berdasarkan hasil penelitian, olahraga dengan latihan intensitas tinggi ampuh menekan hormon pengendali nafsu makan. Alhasil, hormon tersebut dapat membuat tubuh memberi sinyal ke otak sebagai reaksi menunda lapar.

5. Konsumsi Makan Rendah Kalori

Cara menahan lapar saat diet berikutnya bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang rendah kalori. Terdapat beberapa makanan tinggi nutrisi dan energi, tetapi rendah kalori yang bisa dikonsumsi, seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

6. Kelola stres

Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres yang berlebih mempunyai hubungan erat dengan kontrol nafsu makan.

Ketika seseorang merasa stres berat dan tak bisa mengontrol pikiran, hasrat keinginan makan berlebih kemungkinan akan muncul.

Untuk itu, sangat penting mengelola stres saat menjalani diet lantaran bisa berdampak bagi kesehatan fisik hingga mental.

7. Mindful Eating

Cara menahan lapar saat diet juga bisa dengan menerapkan konsep mindful eating. Konsep ini berkaitan dengan otak sebagai pemeran penting dalam memutuskan atau mengontrol nafsu makan.

Sebagai contoh, seseorang memperhatikan makanan yang mereka makan daripada menonton TV saat makan, kemungkinan mereka akan mengkonsumsi jauh lebih sedikit.

Sebuah artikel juga menunjukkan bahwa perhatian atau fokus seseorang dapat mengurangi rasa ingin makan.



Simak Video "Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT