Senin, 14 Des 2020 05:00 WIB

11 Cara Diet yang Benar untuk Turunkan Berat Badan

Zintan Prihatini - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Cara diet yang benar (Foto: istock)
Jakarta -

Banyak orang melakukan diet sebagai cara untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh ideal. Memilih cara diet yang benar bisa dilakukan agar berat badan sesuai yang diinginkan.

Meski sudah banyak informasi mengenai diet sehat, masih banyak orang yang menganggap menahan lapar bisa membantu menurunkan berat badan. Faktanya, anggapan itu sangat salah.

Cara diet yang benar dapat membuatmu mendapatkan tubuh ideal jangka panjang, sekaligus meningkatkan kesehatan. Diet sehat merupakan usaha untuk mengatur pola makan dan gaya hidup.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 11 cara diet yang benar untuk menurunkan berat badan.

1. Makan perlahan dan kunyah dengan benar

Makan terlalu cepat menyebabkan bertambahnya berat badan. Penelitian menemukan orang yang makan cepat berisiko 115 persen mengalami obesitas dibandingkan dengan orang yang makan perlahan.

Hormon dalam tubuh memberi sinyal pada otak mengenai rasa lapar atau kenyang untuk mengontrol nafsu makan. Penelitian menunjukkan bahwa makan perlahan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan dan membantu menurunkan berat badan.

Salah satu cara diet yang benar adalah makan secara perlahan dan kunyah makanan sebanyak-banyaknya. Dengan begitu kamu bisa mengurangi risiko makan terlalu banyak.

2. Sarapan dengan telur

Telur memiliki kandungan protein dan nutrisi penting seperti kolin. Penelitian menemukan bahwa telur adalah menu sarapan terbaik.

Makan telur di pagi hari membuat kenyang, dan orang akan mengonsumsi lebih sedikit kalori selama 36 jam berikutnya, yang dapat sangat membantu menurunkan berat badan. Cara diet yang benar dengan telur adalah mengolahnya tanpa minyak sayur karena minyak megandung lemak trans atau lemak jenuh.

3. Jangan membiarkan perut kelaparan

Menahan lapar bukanlah cara diet yang benar, hal itu dapat meningkatkan nafsu makan yang nantinya membuatmu makan berlebihan. Rasa lapar yang ditahan itu akan membuatmu makan apapun.

Cara diet yang benar juga harus disertai olahraga teratur. Simak selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]