Senin, 21 Mar 2022 13:47 WIB

Mengenal Kode ICD 10 DHF, Diagnosis Penyakit Demam Berdarah

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Asian Tiger Mosquito. Kode ICD 10 DHF (Foto: Getty Images/iStockphoto/ruiruito)
Jakarta -

Kode ICD 10 DHF digunakan sebagai diagnosis penyakit dengue hemorrhagic fever (DHF) atau dalam bahasa Indonesianya adalah DBD (demam berdarah dengue). Melalui kode ini, tenaga medis bisa menentukan jenis penyakit beserta cara penanganannya.

Sebagai informasi, ICD 10 atau International Classification of Disease 10 telah ditetapkan sebagai pedoman tenaga medis secara global. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mensyaratkan seluruh negara anggotanya untuk mematuhi pedoman tersebut.

ICD 10 digunakan oleh dokter dan penyedia layanan kesehatan lainnya untuk mengklasifikasikan dan mengkodekan semua diagnosis, gejala, dan prosedur yang dicatat dalam hubungannya dengan perawatan rumah sakit.

Apa Kode ICD 10 DHF?

Dikutip dari laman resmi Unbound Medicine, Senin (21/3/2022), kode ICD 10 DHF yang ditetapkan oleh WHO adalah A91. Kode ICD ini jelas berbeda dengan kode ICD penyakit lainnya, seperti misalnya berbeda dengan KODE ICD 10 CHF, selulitis, vertigo dan lainnya.

Apa Itu DHF?

Setelah mengetahui apa itu kode ICD 10 DHF, ketahui juga apa yang dimaksud dengan DHF atau disebut DBD. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, DBD atau demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus pada manusia.

Sampai saat ini demam berdarah masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang menimbulkan dampak sosial maupun ekonomi, seperti kepanikan dalam keluarga, kematian, hingga pengobatan yang cukup mahal.

Bagaimana Gejala DHF?

Adapun gejala DHF atau DBD, seperti:

  • Sakit kepala
  • Demam mendadak
  • Nyeri belakang bola mata
  • Mual
  • Mimisan
  • Gusi berdarah
  • Kemerahan di bagian permukaan tubuh

Fase DHF

Pada umumnya pengidap DBD (Demam Berdarah Dengue) akan mengalami fase demam selama 2-7 hari.

  • Fase pertama: 1-3 hari ini penderita akan merasakan demam yang cukup tinggi 40 celcius
  • Fase kedua: pengidap mengalami fase kritis pada hari ke 4-5. Jika pengidap tak segera mendapatkan pengobatan yang adekuat dapat memicu risiko fatal, bahkan terjadi penurunan trombosit secara drastis akibat pemecahan pembuluh darah (pendarahan)
  • Fase ketiga: pada hari ke 6-7, pengidap akan merasakan demam kembali, fase ini dinamakan fase pemulihan, di fase inilah trombosit akan perlahan naik kembali normal kembali.

Cara Mencegah DHF atau DBD

Mengingat obat untuk membunuh virus dengue sampai saat ini masih belum ditemukan dan vaksin untuk mencegah DBD masih dalam tahap ujicoba, maka cara yang dapat dilakukan sampai saat ini adalah dengan memberantas nyamuk penular (vektor).

Hal tersebut dapat dilakukan pada saat masih berupa jentik atau nyamuk dewasa.

Jadi guys, kode ICD 10 DHF itu digunakan oleh tenaga medis sebagai diagnosis penyakit demam berdarah dengue (DBD) atau dikenal dengue hemorrhagic fever (DHF).



Simak Video "Perhatikan Gantungan Bajumu, Nyamuk Suka dengan Bau Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)