Selasa, 22 Mar 2022 18:04 WIB

Sopir Ambulans yang Dihalangi Mercy Bawa Bumil Hipertensi, Ini Bahayanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Mercy diduga halangi ambulans yang bawa pasien bersalin Viral Mercy halangi ambulans. (Foto: Tiktok mass.herr)
Jakarta -

Sopir ambulans yang dihalangi mobil Mercedes-Benz di Tol Tangerang-Merak pada Sabtu (12/3/2022) menjelaskan kronologi kejadian kepada polisi. Sopir ambulans mengatakan saat itu sedang membawa ibu hamil yang akan dirujuk ke rumah sakit untuk melahirkan.

"Pada intinya saat itu dia bawa ibu hamil yang punya hipertensi tinggi, hendak melahirkan sehingga dirujuklah dari puskesmas ke rumah sakit," kata Zain saat dihubungi, Selasa (22/3).

Sopir ambulans, Hildan, mengatakan kondisi ibu hamil sudah dalam bahaya dan harus ditangani segera karena mengalami kejang. Namun ketika bergegas ke RS, ia dihalangi oleh pengendara Mercy di tol.

Dikutip dari Healthline, ibu hamil yang mengidap hipertensi kronis berisiko mengalami komplikasi kehamilan dan harus ditangani sesegera mungkin. Komplikasi yang bisa muncul yakni:

  • pendarahan di otak atau stroke hemoragik
  • kejang
  • koma
  • sindrom HELLP, peningkatan kadar enzim hati dan trombosit rendah, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem saraf, paru-paru, dan ginjal

Jika memiliki hipertensi ringan atau sedang, tekanan darah ibu hamil harus dipantau setiap jam selama persalinan. Proses observasi di tahap ini menentukan jenis persalinan yang akan dijalani, apakah lewat vagina atau caesar.



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)