ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Mar 2022 06:00 WIB

Apa Itu Singing Bowl? Viral Dipakai Pawang Hujan MotoGP di Mandalika

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
A woman conducts a traditional ritual for good weather during a practice session for the Indonesian Grand Prix MotoGP at the Mandalika International Circuit at Kuta Mandalika in Central Lombok on March 18, 2022. (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP) Mbak Rara memegang singing bowl saat beraksi sebagai pawang hujan (Foto: AFP/SONNY TUMBELAKA)
Topik Hangat Singing Bowl
Jakarta -

Singing bowl viral gara-gara dipakai pawang hujan, Rara Istiani Wulandari, di Sirkuit Pertamina Mandalika. Mangkuk keemasan yang populer disebut Singing Bowl ini rupanya banyak dipakai untuk meditasi dan relaksasi.

Bahkan, diyakini bisa mempengaruhi gelombang otak dan diandalkan untuk terapi fisik lho. Lantas, apa sih itu singing bowl? Simak informasi berikut.

Apa itu Singing Bowl?

Seorang praktisi yang juga founder dari Singing Bowl Indonesia, Adeline Windy, menjelaskan dari sisi instrumen, singing bowl biasa dikenal sebagai bel yang dibalik.

Pada sejarahnya, singing bowl biasa diberikan sebagai hadiah untuk mempelai wanita. Pasalnya, bahan metal dalam komposisi tertentu pada singing bowl bisa meningkatkan kualitas bahan atau benda di dalamnya, termasuk mendeteksi kandungan racun.

Two women holding rin gong in hand practicing yoga over dark backgroundSinging bowl sering dipakai untuk meditasi. Foto: Getty Images/ozgurdonmaz

Apa Fungsi Singing Bowl?

Ada beberapa fungsi singing bowl.

1. Singing Bowl untuk Meditasi

Salah satu kegunaan singing bowl adalah untuk meditasi. Adeline menjelaskan, seperti kristal, mineral, dan bunga, frekuensi pada elemen alam sebagai material singing bowl bisa mempengaruhi manusia.

Berbeda dengan manusia yang frekuensinya bisa naik turun ketika marah, sedih, atau malu, elemen alam lebih bersifat stabil sehingga diharapkan, manusia terbantu oleh elemen alam tersebut.

"Suara karena mengubah gelombang otak kita dari tinggi, misalnya dari cepat dan tinggi dari gama ke beta, atau beta ke alfa, alfa ke teta, sehingga ketika kita dalam kondisi yang tidak menentu, kacau, mau meditasi, menggunakan singing bowl akan mampu membuat gelombang otak masuk ke kondisi metal dan body relaxation. Sehingga kita bisa lebih deep (dalam) meditasinya," terang Adeline pada detikcom, Selasa (22/3/2022).

"Ada singing bowl rendah, deep, ada yang suaranya tinggi. Ini juga yang bikin kita bisa meditasi. Sifatnya yang misalnya meditasi mau meditasi cinta kasih atau mau memanifestasikan sesuatu. Ini manifestasikan di kepala, di brain (otak), suara singing bowl-singing bowl tinggi membantu kita lebih masuk," imbuhnya.

2. Singing Bowl untuk Terapi Fisik

Selain untuk meditasi, singing bowl juga bisa digunakan untuk 'cleansing' dan terapi fisik. Pasalnya pada cleansing, singing bowl bisa memancarkan getaran atau vibrasi yang kuat. Vibrasi inilah yang mempengaruhi energi dalam satu ruangan.

"Contoh kita punya backpain atau sakit punggung. Itu bisa dibantu dengan terapi singing bowl. Dilakukan secara rutin karena memanfaatkan getaran tersebut. Diserap tubuh kita karena didekatkan ke tubuh, kita merespons. Bergetar sehingga blokcage atau hambatan yang ada bisa pelan-pelan terlepas," pungkasnya.

Siapa yang Boleh Memakai Singing Bowl?

Menurut Adeline, singing bowl tak hanya untuk profesional, tetapi juga boleh digunakan oleh orang awam.

Memang, terdapat berbagai tipe singing bowl bergantung pada berat, besar-kecil, serta getaran. Akan tetapi, semua orang bisa belajar menggunakan singing bowl baik untuk meditasi, atau fungsi lain seperti cleansing dan terapi fisik.

Sementara itu, Ivonne Teguh Sentosa, praktisi singing bowl lainnya dari Singing Bowl Indonesia, menjelaskan hal sama.

Menurutnya, singing bowl adalah 'tools' yang membantu mempengaruhi gelombang otak yang bisa membantu seseorang menjadi lebih tenang.

"Boleh (orang awam menggunakan singing bowl untuk menenangkan pikiran). Karena teman aku yang dia masuknya mengenalnya karena merasakan suara itu, dia hanya merasakan suaranya adem banget, tenang banget," pungkas Ivonne pada detikcom.

Adeline juga menyarankan, untuk orang-orang baru ingin memiliki atau menggunakan singing bowl, pilihlah jenis singing bowl dengan getaran dan suara yang cocok agar nyaman digunakan sehari-hari.

Pawang Hujan MotoGP Mandalika MenduniaAksi Fabio Quartararo menirukan Mbak Rara dengan singing bowl ala-ala. Foto: (Twitter)

Harga Singing Bowl

Harga singing bowl yang beragam umumnya mengacu pada ukuran dan material singing bowl.

"Kisaran harganya variasi karena size-nya juga bervariasi dari yang kecil banget sampai sangat besar. Jadi kalau start sih untuk yang handmade bukan yang cetak (machine made) bisa di sekitar 2 jutaan sampai tidak terbatas," terang Adeline.



Simak Video "KuTips: Do's & Don'ts Memainkan Singing Bowl Buat Healing"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)
Topik Hangat Singing Bowl

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT