ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Mar 2022 13:56 WIB

Nggak Perlu Diikutin Sampai RS, Ini Cara Bedakan Ambulans Kosong Vs Bawa Pasien

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi ambulans. Ilustrasi ambulans. (Foto: Istock)
Jakarta -

Pengemudi Mercy, Dwiyanto yang viral usai insiden 'menghalang-halangi' ambulans di tol mengaku mengikuti sampai rumah sakit karena penasaran apakah ambulans tersebut membawa pasien atau ambulans kosong.

"Saya berinisiatif mengikuti itu untuk sekadar ingin tahu saja, apakah benar mobil ambulans itu membawa pasien atau tidak. Ternyata benar membawa pasien," kata Dwiyanto kepada wartawan di Mapolresta Tangerang, Rabu (23/3/2022).

Sirine adalah alat tambahan yang dipasang di mobil ambulans untuk memudahkan kendaraan tersebut melintas. Ada alasan sirine ambulans dinyalakan, menjadi penanda meminta prioritas terhadap pengguna jalan lainnya.

Dalam video singkat di akun Youtube Humas Jateng, ada 4 jenis suara sirine yang dikeluarkan ambulans. Masing-masing bunyinya menandakan situasi yang berbeda.

  • Pertama, bunyi sirine menyerupai bunyi palang kereta api. Suara ini menandakan ambulans sedang menjemput pasien.
  • Kedua, bunyi sirine dengan tempo yang lebih cepat menandakan pasien tengah membawa pasien namun kondisinya tidak darurat.
  • Ketiga, bunyi sirine yang menandakan ambulans membawa pasien kritis atau gawat darurat. Suaranya mirip dengan kedua, namun irama yang lebih cepat dan lebih nyaring.
  • Keempat, suara sirine yang menandakan ambulans sedang membawa jenazah. Suaranya memiliki irama panjang dan tidak berulang.

Pengendara di jalan sebaiknya tetap memberikan akses pada ambulans terlepas apapun jenis sirine yang dibunyikan oleh ambulans.

Simak Video 'Ternyata Mobil Mercy yang Halangi Ambulans Nunggak Pajak!:

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT